[Kpop Trip] Day 4 #EXplOrationinBKK - Don't Bring Me Home

Alhamdulillah, setelah ngelihat tanggal draft terakhir postingan ini adalah November 2019 lalu, aku ada niat kembali untuk melanjutkan postingan yang sempet tertunda.


Kangen konser :((

Ini postingan ketiga di tahun ini yang semoga berhasil aku terbitkan dan enggak nampung lagi di draft ya! Muehehe, maklum deh, kayaknya bawaan hamil jadi males ngapa-ngapain >.<


Well, jadi ini adalah part terakhir dari cerita perjalananku ke Bangkok untuk traveling, buka jastipan sekaligus nonton konser EXO di September 2019 lalu. Luar biasa ya... butuh 2 tahun untuk menyelesaikan postingan ini hehe. Aku juga menyisipkan total biaya yang aku habiskan selama 4 hari 3 malam di sana sekaligus tips hemat traveling ke luar negeri loh! Kalau mau baca part-part sebelumnya, silakan klik link di bawah ini:


Part 1: https://raraevelin.blogspot.com/2019/10/kpop-trip-day-1-explorationinbkk-hello.html

Part 2: https://raraevelin.blogspot.com/2019/10/kpop-trip-day-2-explorationinbkk.html

Part 3: https://raraevelin.blogspot.com/2020/07/kpop-trip-day-3-explorationinbkk-long.html


***Ok, let's begin!***


Aku dan Tyas ambil flight pulang jam setengah 8 pagi, di mana perjalanan dari apartemen ke bandara itu membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 20 menit. Tapi yang namanya bandara kita kan nggak tau, ya, suasananya nanti hektik apa enggak. Jadi untuk jaga-jaga kita harus berangkat paling enggak jam 6. Jam 6 kurang kita udah siap berangkat, tapi wajib banget sarapan dulu dong ya. Selain karena urusan perut itu nomor 1, ya juga karena kami udah beli sandwich untuk sarapan di hari pertama kedatangan. Pas belanja di Family Mart itu loh... Begitu sandwichnya mau kita makan, di situ aturannya harus dihangatkan dulu. Tapi yang bikin drama... kok nggak ada aturan lama waktunya ya? Kalau untuk nasi putih itu kan ada aturannya 4 menit, atau kurang juga bisa. Tapi untuk sandwich ini nggak ada. Dan semua keterangannya full bahasa Thailand. Hiks... mau nangis aja rasanya T.T


Berbekal kesoktahuan kami, akhirnya aku memutuskan untuk menghangatkan sekitar4 menit aja, sama kayak nasi. Padahal kondisinya si sandwich itu agak beku gitu karena kami taro di freezer, niat awalnya biar aman dan tahan lama lah ya. Sambil mengumpulkan barang bawaan, juga beresin apart, bunyi lah tuh si microwave-nya yang berarti (mungkin) makanan kami udah mateng. Nggak kerasa juga ternyata udah jam 6 lewat sedikit dan kami nggak punya banyak waktu lagi untuk stay di sana. Jadi tanpa nyoba dulu si sandwich-nya, kami langsung bergegas turun untuk menyimpan dulu kartu kunci apart sekaligus nunggu grab di lobi.


Orang pertama yang menyadari keanehan sandwich adalah Tyas. Dia udah makan duluan selama perjalanan dari lantai 11 ke lobi. Ternyata hari itu kayaknya kami lagi zonk karena sandwich-nya masih keras sama sekali HAHAHAHA mau nangis tapi mau ketawa juga T.T pas lagi nunggu di lobi, aku coba juga kan, eh beneran dong cuy masih keras! Bisa sih dimakan dikit pinggirnya doang. Tapi kan isi daging dan sayurannya banyak di tengah. Setelah masuk taksi pun aku masih berusaha buat makan itu sandwich karena mubadzir aja kalo kebuang. Tapi akhirnya nyerah karena beneran nggak kuat keras bangetttt HAHAHAHA. YaAllah maaf aku nggak berniat buang-buang makanan tapi sandwichnya emang beneran nggak bisa dimakan lagi T.T


Akhirnya kami sampai bandara sekitar jam setengah 7 lebih 10 apa 15 menit gitu. Kami langsung ngebut ke tempat check in takut udah ketinggalan banget kan. Eh ternyata pas check in, pesawatnya delay dong sampe setengah 10 :)))  meski delay, kami tetap bersyukur karena kami punya kesempatan buat sarapan dulu sebelum berangkat. Setelah drama sandwich beku yang nggak bisa dimakan, kami memutuskan untuk makan ke McD yang sekiranya agak aman dari segi rasa, harga, dan cepet aja gitu modelan fast food. Setelah aku datang ke counter, Tyas memilih nunggu di kursi sambil jagain koper yang lumayan berat kalau harus digeret-geret ke counter depan. Eh pas aku pesan, si kasirnya bilang kalau makanan yang aku pesan malah mengandung babi. DAN SEMUA JENIS BURGERNYA ADA BABINYA. Aku langsung bingung dong. Sebenernya ada daging sapi, tapi harganya lumayan beda 20 ribu apa 25 ribu gitu deh. Sayang bangettt. Ya udah akhirnya aku memutuskan untuk beli pancake aja biar aman, sementara Tyas tetep dengan pilihan burgernya.


Di McD kami nggak terlalu lama juga sih, mungkin sekitar satu jam karena tempatnya sempit juga, takut ada orang yang mau sarapan di situ. Baru lah kami langsung beranjak ke terminal keberangkatan sambil masih ngebahas drama sandwich beku dan sarapan zonk hahaha. Padahal kemarin-kemarin rasanya lucky aja gitu, eh pas mau pulang malah kena zonk. Tau gitu kan bisa dipanaskan lebih lama lagi si sandwich-nya :((


Ah tapi ya udah lah, it's just a bad day, not a bad life kan. So kami juga tetep bahagia meski pas sampai terminal keberangkatan, yaAllah penuh bangettt huhu nyaris nggak kebagian tempat duduk. Sambil nunggu, kami ketemu sama ibu-ibu bawa 1 koper gitu. Oh ya pas di sini kami udah ketemu Hesti dan rombongan turnya, tapi Hesti malah gabung sama kami gitu. Si ibu ini nanya sama kami, apa kami habis liburan? Terus ya dijawab lah habis nonton konser dll. Pas kami tanya balik, ternyata si ibu ini buka usaha jastip Thailand dan lumayan banyak gitu bawaannya. Kopernya lumayan gede juga dan katanya isinya jastipan semua. Biasanya beliau ngabisin 3-4 hari untuk cari jastipan dan hasilnya juga lumayan untuk nutup akomodasi sekaligus masih ada lebihnya. Wow, pekerjaan impianku banget sih itu! Meski ya sampai sekarang belum sempet kesampean buka jastip lagi karena keburu pandemiiiiii T.T


Jam setengah 10 kami udah masuk pesawat dan ternyataaaa kami duduk sebelahan sama temennya Kak Tari yang sempet kelihatan pas di terminal keberangkatan. Tapi karena nggak begitu kenal sama dia jadi ya kami nggak ada nyapa apa-apa lah ya. Cuma dari tasnya aku tau kalau dia juga suka Jongin karena tasnya beli di fansite Jongin gitu.


Alhamdulillah perjalanan lancar dan aku kebanyakan tidur mungkin karena capek banget kali ya. Sampai di imigrasi, eh malah ketemu Kak Tari dan temennya yang duduk sebelahan di pesawat itu Jadi kami ngobrol-ngobrol bentar sambil saling nunggu yang masih antri di imigrasi. Terus Kak Tari dan temennya duluan buat ambil bagasi, baru lah aku dateng nyusul Tyas yang udah lebih dulu keluar. Proses ambil bagasi dan check bagasi juga aman, meski sempet deg-degan takut masuk red zone nggak tau kenapa. Mungkin efek pas berangkat Hesti kena red zone kali ya, toner Natrepnya kesita lalu dibuang di depan mata sendiri. Kan nyesek bangettt T.T


Karena udah dzuhur, aku memutuskan untuk sholat lebih dulu sebelum makan dan pulang ke kota masing-masing. Kelar sholat, kami pilih Solaria aja buat tempat makan siang karena yang paling deket. Nggak kuat Sis, udah capek banget nih kaki sama badan, udah nggak sanggup jalan jauh lagi. Pas kami lagi nunggu makanan, tiba-tiba Tyas ngasih kode kalau di belakangku dan kehalang beberapa meja gitu, ada Kak Tari lagi dong sama temennya lagi makan juga. Astaga, ngakak banget berasa dunia sempet banget dari kemarin ketemu Kak Tari mulu gitu =)) bersyukur sih Kak Tari dan temennya ramah banget jadi ketemu berkali-kali pun tetep nyapa.



Oke deeehhh selesai sudah cerita perjalanan ke Bangkok di tahun 2019 lalu. Alhamdulillah akhirnya postingan ini nggak mengendap lagi di draft ya, selamattt! Di akhir postingan aku akan tampilkan budget (yang masih aku inget ya, lupa sih udah 2 tahun lalu) selama hari keempat sekaligus total biaya yang aku habiskan selama 4 hari 3 malem termasuk tiket konser.


Sebelum itu, ada beberapa foto yang dibuang sayang, dan sayang aja kalo nggak keposting di blog hehe. Here we go!


Senyummu Mas..

Sombong amat u nggak mau maju :(

Maaf Bang, rambut u kenapa itu?

I wish I could get that ball!

Ih kesayangan akuuuu <3




Transport:

- Apartment - DMK airport : 60.000 (divided by 2 people = 30.000 per person)

- Damri Soetta - Purwakarta : 65.000


Total transport : 95.000


Meals:

- Sandwich : free (udah dihitung di hari pertama)

- Paket 3 pancake + minum : 45.000

- Lunch : 50.000


Total meals : 95.000


Total budget Day 4 : 190.000


Jadi, total keseluruhan selama 4 hari 3 malam di Bangkok adalah :

Day 1 + Day 2 + Day 3 + Day 4 + sim card

3.298.000 + 347.000 + 2.514.500 + 190.000 + 100.000 = 6.449.500 atau dibulatkan ya 6.500.000


Gimana? Berminat untuk ikut konser EXO ke Bangkok?


Eits, tapi untuk harga segini aku pakai hitungan bukan tur ya. Soalnya yang bikin mahal tur ke Bangkok itu adalah di tiket konser, yang mana kalau beli dari calo itu harganya paling enggak naik hampir 2 kali lipat atau minimal jadi 4 juta untuk tiket standing. Ditambah lagi kalau tur kan ada opsi pergi ke sana-sini dulu, ya. Dan tambahan, budget yang aku hitung juga di luar biaya belanja yang masing-masing orang pastinya beda-beda.



Kok bisa sih dapet harga murah gitu? Oke, aku mau share beberapa tips yang aku coba kemarin nih.

1. War tiket konser sendiri. Ini mesti banget karena kunci budget kecil nonton konser di luar negeri adalah harga tiket konser itu sendiri. Bandingkan dengan beli dari calo, yang harganya bisa 2 sampai 3 kali lipat. Menghemat banget, kan?

2. Cari promo penginapan dari Airbnb. Kenapa? Karena dari Airbnb ini kita bisa pakai kode referal untuk bisa dapat kredit mulai dari 16-33$ dari keseluruhan. Ada minimal totalnya, sih. Tapi ya dihitung-hitung worth it banget dibanding sewa hotel dari aplikasi lain. Kalau mau link referalnya bisa cek postinganku di part 1 ya!

3. Bawa minum ke mana pun. Ini lumayan sih bisa menghemat 10-20 ribu per hari kalo di Bangkok.

4. Nggak perlu gengsi untuk makan makanan murah selama halal. Jangan malas riset untuk cari makanan halal yang murah ya. Sesekali boleh lah kalo mau makan makanan mahal. Tapi untuk makan sehari-hari mending yang murah aja :))

5. Tiket pesawat usahakan pesan jauh-jauh hari dan bandingkan antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Karena kadang promo yang ada juga beda-beda, termasuk fasilitas dan jenis maskapainya.

6. Biar nggak boncos-boncos banget, coba deh sambil buka jastip dan riset barang jastip apa yang paling diminati. Paling enggak, hasil jastipnya lumayan untuk menutupi biaya makan dan syukur-syukur juga bisa menutupi akomodasi^^

7. Lebih baik gunakan transportasi umum khas negara tersebut dibanding taksi. Kayaknya nggak cuma di luar negeri, sih. Di negara sendiri pun taksi jelas lebih mahal. Di Bangkok itu lebih hemat pakai BTS ke mana-mana. Ada sih MRT, tapi jalurnya enggak sebanyak BTS. Jadi kalau mau lebih hemat pakai transportasi umum yang murah meriah aja ya! Cuma tetap harus hati-hati soalnya di jam-jam sibuk kereta pasti selalu penuh :(



Oke deh, kira-kira itu aja tips menghemat untuk traveling ke luar negeri. Mungkin kalau ada yang pernah pakai tips lain, boleh dishare di kolom komentar ya! Siapa tau bisa aku aplikasikan lain waktu kalau pandemi ini udah selesai ehehe..



Sampai ketemu lagi di postingan berikutnya! Kira-kira ngepost apa lagi yaaa? 





You Might Also Like

2 komentar

  1. Halo Rara~~~
    Wah sempet 'pangling' sama tampilan blognya... :-D
    Dulu sempet nyariin Dwi nggak pernah keliatan kemana ya, yang suka bikin cerpen bagus-bagus .. eh ternyata sekarang disini, ganti nama dan ternyata masih aktif ngeblog juga :-D

    ReplyDelete
  2. Good post :) would you like to follow each other? if answer is yes, please follow me on my blog &I'll follow you back...

    ReplyDelete

Tell me what do you want to tell :)