[Kpop Trip] Day 1 #EXplOrationinBKK - Hello, Bangkok~

Haiiii readers! I finally came back here again. Now I'm gonna write about my story when I went to Bangkok for attend the EXplOration concert. WOW! Gila, senekat itu aku sampai terbang keluar demi konser hahaha. Iya dong, tahun ini udah gila-gilaan dicecer sama skripsi, audit, pemeriksaan pajak dan segala rupa kerumitan hidup lainnya. Sekalinya pergi liburan--meski beneran singkat banget--tapi aku puas! Tapi jangan salah, drama pertiketan tetep ada. Bahkan uangku dibawa kabur sama seller Thailand. Lumayan, buat tiket pesawat PP bisa tuh :")


Dah lah, pokoknya cerita lengkapnya langsung aku tulis di bawah ya. Meskipun aku yakin ceritanya nggak akan muat di 1 part :(



----HERE WE GO----



"Ka, kayaknya aku nggak jadi deh konser ke Bangkok. Mungkin aku ngincer langsung aja ke Korea pas penutupan nanti."


Aku masih inget banget, sepulang dari kondangan temen kuliah, aku cerita sama Karei soal kegiatan baru aku--jualan merchandise kpop dan jasa tiketing. Setelah setahun hiatus, aku belajar untuk kembali balikin nama olshopku dan temen-temen yang sempet kena drama pertiketan juga pas Malaysia. Even akhirnya kita bisa bantu beberapa buat tetep dapetin tiketnya, tapi karena banyak yang reseller ya nggak bisa ketolong lah.


Oke, balik ke cerita sama Karei. Alhamdulillah dia support banget sama hobi aku yang hitung-hitung ya bisa dibayar juga gitu kan ya. Bisa tetep fangirling dan dapet duit. Intinya gitu. Tapi, selang beberapa hari dari situ, begitu aku tau kalau konser EXO di Bangkok ada 3 hari, dan di hari kedua bertepatan dengan ulang tahun Chen, jelas aku langsung berubah pikiran. Awalnya aku cuma mau buka jasa tiketing aja, dan pergi ke sana ditemenin Tyas. Tapi, setelah announce, kita berdua nekat untuk ikut nonton juga. Ya udahlah, kita ambil paling belakang aja. Gitu pikir kita berdua.


Hari ganti hari, setelah promosi sana sini, aku akhirnya dapet 8 customer. Alhamdulillah dengan persiapan matang, aku udah manage biar bisa dapetin tiketnya 10 pcs. 8 buat customer dan 2 buat aku sama Tyas. Pas aku bilang mau jadi nonton, Karei kayaknya speechless gitu karena aku berubah pikiran. HAHAHA, maaf Ka aku emang selabil itu. Nggak bisa dilewatkan kapan lagi ngerayain ultah member bareng-bareng.

*hilih, alasan mulu Wi.


Dan niat untuk ambil section paling belakang pun batal karena pertimbanganku waktu itu, tiketing itu harus pakai taktik. Jadi lah kita pindah section ke standing X. Alhamdulillah-nya, standing di sana lebih murah ketimbang seating yang deket stage-nya. Jadi intinya inceran kita berdua pindah aja ke situ.


Singkat cerita di hari penjualan tiket, aku dan Nae udah standby di depan komputer masing-masing. Selama 2 minggu sebelum tiketing aku udah deg-degan mulu. Aku selalu bilang sama Tyas aku deg-degan parah. Kepikiran mulu. Pokoknya gak fokus gitu lah. Tapi untungnya Tyas selalu yakinin aku kalau udah rezeki kita, kita pasti berangkat kok. Dia percaya kalau aku selalu mengusahakan sepenuh hati. Eyaakk, kayak jargon iklan kecap ya :))) beberapa menit sebelum tiketing dibuka, aku masih gemeteran. Tanganku kayak apa ya gemeter banget lah pokoknya. Gak berhenti. Tapi kalau aku panik takutnya ya malah nggak dapet kan, jadi aku berusaha buat tenang.



Begitu open ticketing, aku sama Nae langsung cepet-cepetan ambil section inceran. Padahal kecepatan internet sama, tapi giliran aku udah mau payment langsung error webnya. Dan Nae selancar itu guysss. Nggak ngerti lagi. Terus dia pas udah payment langsung bilang gini, "Aku duluan ya Wi, dadaaaah..." padahal aku masih berkutat dengan pilihan section. Gila gila gila. Satu menit doang kali mah, langsung ludes. BYE.



Tapi kabar baiknya, Nae dapetin section yang aku mau! Iya, section X dong bayangin! Ya Allah detik itu aku langsung nangis peluk Nae di warnet, kayak ngerasa beruntung banget bisa dapet hasil war sendiri--maksudnya tanpa calo tiket--padahal aku tau Thailand itu war-nya gila banget. Kedua tergila setelah Korea.



Dan kabar baiknya lagi, semua customerku dapet kecuali 2 orang karena dia aku alihkan ke tiket hari Minggu, tapi dia nggak bisa ambil karena bentrok sama cuti. Welll, akhirnya dengan berbekal 8 tiket aku berangkat ke Thailand sama Tyas.



Jadi sebelumnya, aku mau ngobrolin soal keberuntungan dulu nih ya. Aku tuh tipe orang yang jujur aja, nggak percaya sama keberuntungan gitu-gitu. Kayak apaan sih gue tuh nggak pernah beruntung di dunia ini. Giveaway lah, war tiket lah, atau apa gitu yang berhubungan sama keberuntungan nggak pernah menang. Even itu cuma undian kecil-kecilan pun nggak pernah menang. So that's why, aku nggak pernah percaya sama yang namanya lucks!



Tapi, hari itu setelah war tiket, aku nangis. Like bener-bener nangis sampai gemeteran tangan, makan pun nggak fokus karena mikirin itu tadi. Soal lucks. Dari awal aku udah nggak mentingan que number karena secara, udah dapet tiket di Thailand dengan hasil war sendiri tuh udah beruntung banget menurutku! Jadi nggak muluk-muluk deh aku dapet qn berapa aja aku terima. Seriusan :") dan pas ngeliat e-mail soal nomor qn-nya, 1126 & 1127, mendadak langsung puyeng. Gila, gue bakalan sebelakang apa ya nanti. Gitu pikirku saat itu. Tapi ya udah, aku dapet qn berapa pun disyukuri. Seenggaknya, one of my biggest dream this year soal fangirling tercapai. Saat itu aku udah ngerasa beruntung banget jadi seorang fans. Apalagi, ini juga mimpiku dari 2 tahun lalu. Dari zaman EXO'rdium dan ElyXiOn yang nggak kesampaian. Makin seneng dan merasa beruntung aku tuh.



Beberapa hari setelah itu, aku dan Tyas udah siap-siap untuk booking flight (alhamdulillah loh ini juga lagi promo. Kemarin aku dan Tyas dapet 2.4 juta udah PP, bagasi 10 Kg pp, ditambah makan sekali jalan). Tapi kita sempet galau dulu karena konser itu berlangsung dari tanggal 20-22 September, dan di tanggal 23 September ada fanmeeting Sehun x Taokaenoi juga. Tadinya, kita berdua mau nekat bablas kan sampai tanggal 23. Tapi, aku inget nasib skripsiku yang masih terombang-ambing karena KPP lama kasih datanya. Dan lagi aku nggak bisa izin lama juga kan. Dan lagi duitnya nggak ada kalau selama itu hehe. Jadi ya udahlah, kita memutuskan untuk pulang di tanggal 22 pagi-pagi.


Begitu udah fix dapet tiket pesawat dan apartemen, kita berdua mulai disibukkan sama persiapan apa yang harus dibawa, nanti di sana mau ke mana aja, ngapain, buka jastip apa aja, pokoknya yang gitu-gitu lah. Ya lumayan sih jastip gitu juga bisa buat gantiin uang makan selama di sana~ selama sebulan kurang persiapan itu, aku beneran nggak kepikiran takut gimana-gimana di sana. Padahal Mama sering banget ngingetin hati-hati. Iya sih, pasti hati-hati kok. Cuma tuh ya gimana ya nganggap kayak bakal pergi dari Bandung ke Jakarta aja. Bukan kayak mau terbang ke negara orang.



Di awal September, aku lupa sekitar tanggal 7 atau 9 gitu ya, akhirnya info seatplan dan ticketing fanmeeting Sehun keluar. Shock dong aku sama Tyas. Jiwa kebucinan kita berdua langsung menggebu-gebu. Helo, kapan lagi gitu tiket fanmeeting Sehun bisa semurah itu. Jadi syaratnya tuh kita cuma perlu beli Taokaenoi, 1 orang maksimal beli sekitar 270 ribuan gitu deh (yang khusus di Thailand ya). Jadi nanti si struknya kita daftarin di google form yang udah disediakan pihak Taokaenoi terus diundi deh. Pemenangnya diumumkan tanggal 18 September. Wow! Itu sehari sebelum kita berdua flight dong. Nah, kita sempet galau dulu mau ikut atau enggak. Kalau mau, aku bisa titip host apartmentku buat beliin. Ya nambah fee sih, tapi masih under 300k kok per orang.



“Aku galau ikutan nggak ya? Tapi kan kita udah dapet tiket pulang.” Itu kata Tyas.



“Iya sih. Tapi ya udahlah nothing to lose juga gitu kalopun nggak menang kita bawa balik aja si Taokaenoi seabreg itu buat oleh-oleh dan cemilan selama di sana. Kalo menang ya siapa tau ada rezeki buat beli lagi tiket pesawat pulang.”



Di situ aku ngerasa… damn. Kenapa gue sok kaya banget sih? Duit dari mana tuh buat beli lagi tiket pesawat pulang?! Tapi ya namanya juga bucin kan, susah. Akhirnya kita sepakat untuk beli dan iseng-iseng daftarin buat acara fanmeetingnya.



Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba. 19 September, jam setengah 11 siang aku sampai bandara dengan selamat. Ketemuan sama Tyas dan Hesti, terus makan bareng dan ngobrol-ngobrol singkat. Jadi Hesti itu temen waktu di acara Nature Republic kemarin. Tapi karena aku anaknya SKSD kan jadi kita masih keep in touch sampai sekarang, alhamdulillah. Gitu juga sama anak-anak Natrep kemarin, masih suka join join di grup kok. Oke, balik lagi ke cerita. Setelah selesai makan, setengah 12 kita nunggu deket gate in sambil ngobrol ini itu. Dan tiba-tiba aja aku kepikiran, eh nasib si Taokaenoi gimana ya? Aku langsung keluarin HP dan cek bareng sama Tyas.



Di section 1 kanan, kiri, nggak ada. Di section 2 kanan, kiri, nggak ada juga. Tuh, kan, apa aku bilang. Aku tuh nggak pernah lucky soal gini-ginian. Tapi karena penasaran kan aku tetep lanjutin aja scroll di sheet berikutnya. Dan… JENG JENG JENG, di antara nama-nama Thailand, nyempil 1 nama khas Indonesia banget, nomor 188 di section paling belakang sebelah kiri. EH BENTAR? INI BENERAN NAMA GUE? BENERAN INI GUE MENANG UNDIAN? SERIUSAN? Aku tuh bener-bener loading dulu sampai akhirnya sadar kalau itu namaku beneran.


Look at this!


Tapi, setelah aku nemuin namaku, ada sedikit perasaan cemas juga karena pertama, temenku nggak menang. Nggak mungkin dong aku reschedule jadwal sendiri? Kedua ya itu, aku mesti balik Minggu biar Senin-Rabu aku bisa ngerjain skripsi. Ketiga, karena kita berdua nggak ada budget lebih untuk beli tiket pesawat lagi. Belum kan harus nambah hotel 2 malem. Jadi... setelah meyakinkan hati, ya udah kayaknya aku bakal merelakan kesempatan untuk ketemu Sehun di fan meeting itu. Meskipun jujur sih sedih banget. Tapi aku berdoa aja semoga dikasih keberuntungan lain pas konser. Misalnya ngeliat member deket banget atau apa lah gitu.


Couldn't get a proper sleep during the flight haaah :(


***



Jam 5 lewat 15 menit kita berdua mendarat dengan selamat di bandara. Setelah ngurusin ini itu, ke toilet--yang aku baru tau ternyata tanpa air dong huhuuu--terus ganti sim card, nuker duit sisaan USD ke Baht, akhirnya aku ketemu sama host apartment-ku ini. And guess what? Omg, she was very nice and kind. Very welcome dan apa ya, baik banget lah pokoknya. Dia ngejelasin ini itu selama perjalanan, sabar banget ngejemput dari airport ke apart padahal traffic di Thailand menurutku lebih parah dari Jakarta. Seriously. Pokoknya dia asik banget orangnya, meskipun lebih tua dari aku. Kayaknya sekitar akhir 30-an gitu tapi parah sih mbaknya cantik banget dan modis banget. Enak diliat gitu mana ramah kan haha.



We have safely landed. Finallyyy~



Oke, singkat cerita, dari bandara jam 6 sore dan sampai di apart jam setengah 8 lebih. Padahal perkiraan tuh cuma 20 menit doang. Rencana awal, kita sampai di apart jam setengah 7, lalu siap-siap dan mandi terus ke bandara lagi buat jemput EXO. Loh, kok nggak stay aja di bandara? It's because bandara kita beda. Aku dan Tyas berhenti di DMK sementara EXO sampai di Suvarnabhumi. Beda kasta gitu lah ya intinya kita :") okay next. Begitu sampai di apart, dijelasin lah soal ini dan itu sama mbaknya sekitar 10 menit doang. Kita bisa akses kolam renang, tempat fitness, terus di apart juga bebas mau isiin kulkas sama banyak makanan pun. Setelah dia pulang, kita malah langsung leha-leha dulu. Nggak jetlag sebenernya, cuma capek aja gitu. Apalagi aku berangkat dari Bandung jam 5 subuh. Terus lanjut pakai bis airport. Lanjut lagi flight pakai pesawat dan ditutup sama traffic di Thailand. Badan ini rasanya udah remuk aja :((



Akhirnya karena kita kecapekan, jam 9 malam kita memutuskan untuk nggak pergi ke mana-mana. Kita akan saving energy untuk besoknya aja. Cancel jadwal ngejemput EXO, cancel jadwal belanja. Kita akhirnya cuma pesan Mc.D pakai grabfood gitu. Awalnya agak kaget sih kok mahal amat ya satu paket 80 ribu. Ternyataaa, begitu datang makanannya, gila cuy banyak amat. Isinya ada nasi sama daging sapi tumis, ada 4 nugget, ada 4 ayam fillet (ini dibentuk agak lonjong gitu bisa dipakai 2x makan), french fries dan cola. Akhirnya bisa kita makan 3x tuh, lumayan kan menghemat hehe.



Setelah makan, istirahat bentar, terus nggak lupa kita juga nyicip taokaenoi yang katanya asli Thailand itu, ya b aja sih rasanya nggak beda jauh sama yang di Indo. Palingan dari segi harga aja yang beda 5-6 ribuan kalau dibanding sama yang di Indo. Lumayan lah, beli 10 aja bedanya bisa buat sekali makan haha. Tapi beneran, itu kemarin demi fanmeeting beli taokaenoi banyak banget. Sampai kita bawain itu buat Hesti yang dateng konser di hari pertama. Terus kita camilin di sana, dan sisanya dibawa pulang deh.


Sebanyak ini, bayangkan~



Jam 10 apa jam 11 malem gitu ya aku lupa, ktia mulai berbenah untuk beresin baju-baju, mandi, beresin ruang tengah yang udah kayak kapal pecah itu. Pokoknya malem itu kita bener-bener beresin dulu apart biar nyaman ditempatin selama beberapa hari ke depan.



Daaannn setelah liat preview EXO di bandara, kita berdua langsung bersyukur nggak datang ke sana. The situation was so hectic that time. Ricuh gitu sampai fans lari-lari buat ngejer EXO. Mana lagi ternyata hujan kan di Bangkok, nggak kebayang deh kalau kita beneran nekat ngejar ke sana, terus hujan-hujanan, malem banget pula. Capek pula. Macet pula. Ah, seketika kita merasa beruntung bahwa mungkin kata Allah kita emang seharusnya istirahat aja. Biar besok kita habiskan seharian tenaganya buat have fun!





Yeay! Akhirnya hari pertama tiba di Bangkok selesai sampai di sini. Berhubung aku menghabiskan 4 hari di sana, jadi aku akan buat 4 postingan berbeda per hari. Biar nggak kepanjangan juga kali yaa~




Dan anyway, ini aku post foto-foto apartemen di sana, sekaligus mau tell my budget selama di sana. Siapa tau ada yang minat ke Thailand juga buat konser, boleh jadi acuan yaa~


***


Buat yang mau ke Thailand dan butuh rekomendasi apart, boleh cek ke sini ya https://www.airbnb.co.id/rooms/16706857?source_impression_id=p3_1570602944_qfUZ8GuFg0NPnu5B


Dan biar kalian bisa dapet diskon up to $24, boleh daftar pakai link ini ya https://www.airbnb.co.id/c/rainae54?currency=USD



Selama 3 malem di sana aku menghabiskan sekitar $65 udah termasuk diskon pakai link referral. Jadi minimal total berapa $, aku baru bisa dapet kredit $33. Pokoknya harusnya 3 malem tuh 1,4 jutaan tapi karena dapet diskon itu aku jadi dapet sekitar 1 jutaan kurang. Lumayan banget kan? Berikut tampilan apartmentnya:




Bedroom (1 kasur muat ber-4 sih ini)

Pantry tanpa kompor tapi ada microwave-nya

living room (abaikan tas yang berantakan)

Shower room

bathroom (sumpah ini bersih dan wangi banget bikin betah)

Dinning room + ada sofa yang bisa dipakai juga buat sofa bed

Taman di lantai 2, dan kamarku di lantai 11



Nah di sini aku mau list budget yang aku habiskan selama mulai berangkat dari Bandung sampai tidur di Bangkok. Here they are~



Transport:

- Kereta Bandung - Gambir : 110.000
- Grabbike Gambir - KFC tugu tani : 10.000
- Bus bandara : 24.000
- Tiket Pesawat PP (inc bagasi 10 Kg pp, 1x makan pergi) : 2.400.000
- Airport Pick up : 100.000 / orang
- Sewa apart 3 malem : 950.000 (bisa sharing sampai 4 orang)


Total Transport & akomodasi: 3.119.000



Makan:

- KFC di bandara Soetta : 40.000
- Mc.D : 80.000 (bisa 3x makan)
- Belanja di family mart : 50.000 (nasi 6.000 seporsi--beli 3 porsi, nasi + sayur 21.000, air mineral dan sisanya camilan)


Total makan : 170.000


Total budget Day 1: 3.119.000 + 170.000 = 3.298.000







Okay, setelah ini aku akan ngumpulin niat lagi untuk next post. Ditunggu~~~




You Might Also Like

0 komentar

Tell me what do you want to tell :)