#2 Wedding Preparation; Drama Seserahan & Mas Kawin




Finally I came back again! Postingan tentang wedding preparation sebelumnya bisa dibaca di sini yaaa HERE. So let's continue the story after passed almost a year ehehe..



Sebenernya, Karei udah mulai nanya-nanya nih kan buat seserahan dan mas kawin mau apa. Karei tanya aku ya jawaban aku pasti nggak tau lah ya. So aku tanya orang tua mau apa. Alhamdulillah orang tuaku juga nggak memberatkan harus ini atau harus itu, jadi aku bilangin deh ke Karei. Terus akhirnya Karei bilang kalau dia ada budget sekian untuk mas kawin, sekian untuk seserahan, dan sekian untuk nambah ke resepsi.


Well, aku tanya beberapa temenku soal seserahan dan kebanyakan dari mereka bilang itu adalah hal-hal yang aku butuhkan. Misal kayak perlengkapan mandi, skincare, pakaian, tas, sepatu, dll. Terus aku juga mulai follow-follow akun seserahan gitu kan dan nyari tau apa aja biasanya. Nah, berbekal dari situ lah aku mulai ngelist beberapa kebutuhan yang utama buat dimasukin ke seserahan.


Nikah di bulan Juli, tapi sampai bulan Mei masih belum dapet seserahan satu pun karena Corona bikin aku takut ke mana-mana. Ya selain dari anjuran pemerintah, siapa juga sih yang nekat ke luar di tengah-tengah pandemi begitu? Deket sama orang lain aja jujur loh aku takut banget waktu itu. Lebih takut lagi karena kerjaku kan lintas kota, akunya nanti malah jadi carrier buat keluarga di rumah. Makanya belum sempet-sempet cari seserahan.


Tapi karena waktu semakin deket, aku jadi mulai cari beberapa via online dulu. Kayak make up, skin care dan perlengkapan mandi yang kebetulan banget pas aku cari tuh lagi promo gede. Terus selang sebulan, setelah lebaran mulai beli bed cover set karena nanti aku bakalan pindah kota, otomatis sprei dan bed covernya harus punya dong ya. Ini juga beli online ke temennya Mama dan alhamdulillah tidak mengecewakan.


Di pertengahan Juni, karena pandemi ini belum berakhir, akhirnya kami sepakat untuk kembali meeting sama pihak WO untuk mendiskusikan baiknya gimana. Ya sebulan lagi menuju hari H, persiapan belum terlalu matang karena kami juga bingung kan statusnya kayak maju mundur gitu. Setelah diskusi dan atas beberapa pertimbangan, akhirnya kami sepakat untuk menunda resepsi tanpa menunda niat baik dari akad. Ya, intinya resepsinya nanti aja yang penting sah dulu gitu deh. Dan atas pertimbangan lagi, acara yang tadinya akan diselenggarakan tanggal 18 Juli harus ditunda jadi tanggal 8 Agustus.


Setelah penentuan tanggal akad, kami lanjut memutuskan tanggal resepsi yang cukup memakan waktu karena harus cocok dengan semua vendor yang udah aku pengin. Tapi yang paling utama sih memang venue. Kebetulan di bulan Oktober saat itu baru terisi 1 tanggal, jadi kami dari pihak keluarga memutuskan untuk ambil bulan Oktober aja di akhir bulan, tepatnya 31 Oktober 2020. Kenapa? Ya asal tembak aja sih sebenernya hehe soalnya kalo dari hitungan tanggal pernikahan kan yang penting di akadnya. Katanya menurut orang tua begitu. Lalu beberapa hari kemudian, pihak WO ngabarin kalau semua vendor available untuk tanggal tersebut dan bismillah deh, dengan harapan pandemi sudah menurun pas tanggal itu, akhirnya kami memutuskan untuk resepsi di tanggal tersebut.

 

Eh lupa deng, ternyata untuk akad tanggal 8 Agustus itu, kebetulan dari vendor kebaya udah penuh yang artinya aku nggak bisa pakai jasa mereka. Ya maklum sih, reschedule-nya pun baru di pertengahan Juni kan. Sementara yang mau pakai jasa mereka di tanggal itu udah pada dari awal. Jadi lah aku memutuskan untuk sewa kebaya dari pihak MUA. Padahal sebelumnya kami udah sempet fitting baju juga ke Tasik, sekitar sebelum pandemi gitu. Jadi harusnya kita fitting lagi untuk kedua kali termasuk bawa cpl dan orang tua. Eh ternyata... emang manusia hanya bisa berencana ya, Allah nggak merestui akhirnya kita fitting ulang sama Teh Bella dari pihak MUA. Fitting di Teh Bella sekitar akhir Juni, meski pilihan kebayanya nggak sebanyak di Kewes, tapi alhamdulillah ada 1 baju yang cocok di aku. Jadi aku memutuskan untuk langsung take kebaya itu dan tinggal fitting untuk Karei-nya.


Salah satu hal yang aku syukuri dari rintangan pernikahan kami adalah hanya pandemi. Maksudnya bukan gimana-gimana ya, tapi kalau denger cerita orang tuh kayak apalah cobaan mau nikah banyak banget sampai berantem hebat, tapi alhamdulillah cobaan besar kami waktu itu ya pandemi ini. Ya meskipun berantem-berantem kecil selisih paham gitu ada, sih. Tapi bisa dibantu ditengahi sama pihak WO dan dari komunikasi yang baik-baik. Bahkan waktu itu aja Karei sempet bilang ke aku, "Untung kita pakai WO ya. Kalau enggak, kayaknya kita lupa deh kalau mau nikah." Saking sibuknya kami berdua waktu itu, juga Karei yang masih susah banget buat pulang T.T


Oke, next dari akhir Juni sampai awal Juli aku dan Karei masih sibuk cari mas kawin. IYA, SEBULAN LAGI BELUM NEMU MAS KAWIN DONG TOLONG :(((

Jujur sih aku udah panik banget karena pas aku tanya temen yang mau nikah di bulan Juli, dia udah dapet mas kawin dari 2 bulan lalu. Apalagi di beberapa toko perhiasan itu paling enggak 2,5 bulan untuk custom. Makin panik dong akuuu... pas aku tanya-tanya online pun ya gitu, katanya harus 2,5 bulan ya 2 bulan udah maksimal. Udah hopeless lah pokoknya. 


Mana di akhir Juni itu, selain mas kawin yang masih belum dapet, ada beberapa seserahan juga yang masih belum dapet karena aku ngerasa bakalan lebih srek kalau aku cari secara langsung atau beli offline gitu. Parah banget kaaan, kayak keliatan males-malesan gitu padahal mah emang belum sempet aja dan susah nyari waktunya :( bahkan untuk bahan-bahan kain untuk keluarga pun Mama dan Bapak yang nyari ke Bandung sama temennya, pakai kereta. Anaknya mah udah sibuk kerja aja muehehe


Alhamdulillah di awal Juli sekitar tanggal 1, aku menemukan salah satu toko perhiasan di Bandung yang lumayan udah melegenda dan bagus. Yes, Wellman Jewerly. Berawal dari temenku yang bilang kalau dia beli cincin kawin di sodaranya Wellman, tapi pas aku tanya di situ kalau mau custom harus 2,5 bulan sebelum. Jadi aku coba aja tanya-tanya ke Wellman dan disuruh untuk datang langsung ke toko, katanya.


4 Juli 2020 akhirnya kami pergi ke Bandung dan kebetulan Karei juga bisa pulang di bulan itu. Jadi kami cari mas kawin dan sisa seserahan bareng. Sesampainya di Wellman, kami disambut ramah dan langsung ditawari beberapa pilihan cincin kawin, tepat setelah Mama bilang mau cari cincin kawin. Untuk harganya memang cukup pricey, sih. Tapi mereka bisa menyelesaikan kurang dari sebulan. Keren banget!

Akhirnya kami pilih-pilih dan ketemu lah sama sepasang cincin yang aku suka banget modelnya. Simple but looks gorgeous and pretty. Karena ya kebetulan aku juga kurang suka model cincin yang batu permatanya gede gitu, eh di Wellman ini model cincin kawinnya banyak yang cocok sama seleraku. Sederhana tapi elegan. Sayang aja harganya banyak yang nggak cocok ehehe. Makanya pas nemu yang model dan harganya cocok, langsung sikat aja. Setelah transaksi, alhamdulillah nih cincin bisa diambil di akhir bulan banget, tanggal 31 Juli 2020. Nah, kan, kurang dari sebulan. Jadi ya worth to buy deh untuk yang butuh kepepet kayak aku.


Keluar dari toko aku langsung bernapas lega karena akhirnya mas kawin utama udah kelar. Sisanya tinggal cari mas kawin lain dan seserahan. Setelah dapet mas kawin terakhir, kami memutuskan untuk pergi ke Ciwalk lebih dulu. Soalnya aku mau ngincer heels dan tas ke Elizabeth yang store-nya cukup besar di sana. Selain itu, ya kali aja kan ada pilihan di store lain kayak Payless atau dapet di store yang suka promo gede-gedean di lantai dasar itu loh. Secara dulu tiap kuliah kalo main ke Ciwalk pasti aja ada promo gede-gedean di lantai dasar. Ternyata setelah sampai di Ciwalk, nggak semua barang bisa kami dapatkan. Cuma dapat heels dan tas aja, sama baju untuk Bapak. Barang seserahan lain dan barang-barang untuk Mama sama adek-adekku malah nggak dapet :( kami memutuskan untuk sholat dan makan dulu terus lanjut pindah ke BIP.


Lama nggak ke Giggle Box udah bagus aja tempatnya~

Butuh asupan tempur dulu sebelum tumbang T.T


Seingetku di BIP udah sore banget dan sejujurnya udah capek banget. Tapi ya mau nggak mau harus dapet kan, apalagi di Garut juga nggak dapet pilihan yang oke. Lumayan lama muter-muterin beberapa store, bahkan sampe adek-adekku betingkah banget di sana. Untung aja pake masker ya kan, nggak terlalu malu lah karena mukanya ketutupan :") setelah perjuangan beberapa jam muterin BIP, akhirnyaaaaaaaaaa perjalanan kami selesai! Eh, heels Mama sih yang belum ketemu. Kata Mama nggak papa yang penting anak-anaknya dulu aja dapet huhu terharu deh. Mama malah dapetnya di Garut sekitar 2 mingguan sebelum akad gitu deh kalo nggak salah.


Nggak ngerti lagi sama tingkahnya mereka :(


Oke deeeh, akhirnya selesai sudah perjalanan mencari seserahan dan mas kawin dadakan sebulan menjelang hari pernikahan! Sebenarnya peralatan sholat itu masih belum dapet loh hahaha tapi Mama bilang kayaknya di Garut juga masih keburu buat nyari. Soalnya waktu itu udah cukup malem dan kita semua udah oleng banget. Jadi lah kami memutuskan untuk pulang.


Setelah nganterin Karei pulang sekaligus pamitan sama calon mertua, kami langsung lanjut pulang ke Garut dan sampai di Garut sekitar setengah 12 malem setelah sebelumnya makan nasi goreng dulu. Laper Sisss, habis muter-muter :(





Well, ini beberapa list seserahan yang aku beli, campuran antara beli online dan offline ya. Kali aja ada yang butuh inspirasi beli apa buat seserahan^^


1. Kosmetik; skincare dan make up. Skincare aku ambil dari Nature Republic yang Around The Nature karena gila sih waktu itu promonya hampir 50% sepaket. Dan cocok juga hehe. Untuk make up-nya aku ambil lengkap mulai dari primer, foundie, highlighter, cushion, lipstick, liptint, eyeliner, dll. Bahkan sampai Cetaphil juga karena waktu itu mukaku lagi bruntusan.

2. Perlengkapan mandi; handuk, sabun, lotion dan parfum. Aku nggak terlalu ambil banyak kalau buat ini. Berhubung waktu itu Body Shop lagi promo gede hampir 40%, jadi aku ambil paket sabun, lotion dan parfumnya sekaligus.

3. Perlengkapan tidur; bed cover set.

4. Pakaian; set baju pergi 2, kerudung 1, baju tidur 2, tas 2, sepatu 2, dan underwear.

5. Alat sholat; mukena dan sajadah.


Seingetku itu aja sih, ya kurang lebih segitu. Sebenarnya budget-nya sedikit melebihi dari sebelumnya, tapi alhamdulillah pas beli mas kawin masih ada sisa budget yang dialihkan untuk beli seserahan.



Well, untuk next story akan dilanjut di part berikutnya yang entah kapan akan aku publish hahaha. See you! XOXO.





You Might Also Like

0 komentar

Tell me what do you want to tell :)