#1 Wedding Preparation; Semi-Engagement & Pilih Vendor

Hallo, pembaca! Apa masih ada yang mampir ke blogku kah? Gak tau sih kayaknya udah nggak ada juga deh mengingat aku udah jarang banget update di sini hehe. Setelah update-an terakhir adalah acara jalan-jalan ke Bangkok tahun lalu sekaligus untuk konser, akhirnya aku balik lagi sambil membawa cerita soal real life yeay!


Sebelumnya mungkin ada yang bingung kenapa nama blogku diganti? Atau ya FYI aja kali ya kalau nggak ada yang bingung =)) 

Jadi aku udah terbiasa untuk pakai nama Rara Evelin di dunia perhobianku. Entah nulis di wattpad, atau instagram perfangirlingan. Ya istilahnya semacam nama pena gitu. Dan setelah perjalanan panjang banget, aku mulai merasa cocok dan nyaman pakai nama pena ini untuk menyalurkan semua hobi-hobiku. Jadi aku ganti juga deh nama di blog ini dengan Rara Evelin. But honestly aku masih orang yang sama kok.





Okay! So this is my wedding preparation story~~~


Sebenernya nggak yakin sih mau post atau enggak, tapi ya udah lah aku tulis aja dulu. Masalah mau dipublikasi atau enggak liat nanti aja. Ini juga bukan sekedar mau pamer atau gimana ya, enggak sama sekali. Aku cuma pengin sharing pengalaman persiapan nikahan itu kayak gimana sih? Ditambah cpl dan cpw-nya lebih sibuk sama kerjaan dibanding sama persiapan nikah :(


So I will begin the story from 2 years ago, flashback bentar ya.

Jadi di tahun 2018 itu aku lagi menggila banget banget banget sama dunia K-Pop. Itu loooh, yang aku cerita nekat ke Malaysia demi nonton konser. Sabtu subuh berangkat, Minggu pagi udah sampai lagi di bandara Soetta. Nah di tahun itu juga, aku lupa tepatnya bulan apa, aku dan Karei lagi makan siang di BEC. Nggak inget apa yang waktu itu kita obrolin awalnya sampai tiba-tiba Karei ngebahas soal pernikahan. Intinya sih dia nanya, kamu siapnya kapan buat aku lamar? Kamu serius gak, kalau nggak serius ya udah berhenti sampai sini aja, bla bla bla. Lah, di situ aku nge-blank dong like... nggak tau. Aku ya ada sih kepikiran buat serius sama dia, tapi nggak tau kapan dan belum siap, waktu itu. Jujur kan saat itu lagi disibukkan ekstensi Sarjana, kerjaan kantor juga non stop, ditambah lagi seneng sama per-Korea-an. Mungkin waktu itu yang aku khawatirkan adalah aku nggak bisa membagi semuanya dengan adil. Yaila, jangankan ngurusin anak orang. Ngurusin diri sendiri aja masih berantakan waktu itu :( aku jawablah yang intinya aku mau serius, tapi nggak sekarang. Karena bukan cuma soal per-Korea-an dan kesibukan lainnya, tapi aku juga kayak belum siap 'ninggalin' adek-adekku. Aku sama mereka tuh memang sedeket itu makanya kayak masih shock belum siap aja kalau nikah waktu itu.

Sampai di tahun 2019 awal, Karei nanya lagi. Di situ posisinya aku lagi mau nyusun skripsi. Wah, makin puyeng kan tuh lagi ngurusin skripsi terus ditanyain hal-hal yang belum bisa aku jawab. Kepending sampai 3 kali kalau nggak salah waktu Karei minta ke rumah. Setelah dia ngasih penjelasan ya kalau ngelamar sekarang belum tentu nikah sekarang juga, dan setelah aku ngasih penjelasan insecure-nya aku, fix deh sekitar 2 mingguan setelah lebaran, Karei datang ke rumah.

Lucunya, kita sampai rumah habis isya karena kejebak macet dan aku pulang telat dari kantor. Terus ngobrol ringan-ringan dulu sampai akhirnya Karei mengutarakan niatnya buat ngelamar. Kalau diibaratkan tuh kayak Karei paling cuma ngomong 5 menit, eh balasan orang tuaku--terutama Mama--malah yang sampai sejam. Otomatis Karei cuma ngangguk iya, iya, dengerin nasihat dan petuah Mama. Tapi dia jadi seneng katanya orang tuaku welcome banget padahal tau dia anaknya jarang banget ngomong kalau ke rumah. Terus dia juga jadi nggak begitu gugup karena dia cuma ngomong mau ngelamar aku, eh Mama sama Bapak langsung ngomong dari A sampai Z. Gugupnya dia jadi hilang deh... lol!


Setelah Karei datang ke rumah di habis lebaran, kita berdua biasa lagi kan. Ya kayak baru cari-cari vendor dan tetek bengek lainnya. Tapi aku belum terlalu serius juga paling kayak buat hitungan budget aja. Apalagi kita juga masih LDR-an dan aku masih disibukkan sama skripsi kan, belum sempet ngurus serius sama pernikahan. Sampai akhirnya di penghujung tahun, tiba-tiba Mama nanya, kapan Karei mau ke rumah lagi. Maksudnya bawa keluarga. Soalnya mama ketrigger sama kenalannya yang punya gedung nikahan gitu udah mulai banyak yang sewa-sewa. Paling enggak tuh dari 6 bulan sebelum. Bahkan ada dari setahun sebelum. Beliau panik, akhirnya kita sepakat deh buat ketemuan lagi di tanggal 18 Januari.


Oh iya, ini sempet drama dulu sih tadinya kan mau ketemu tanggal 11 Januari. Keluarga Karei juga pengen cepet-cepet katanya. Terus pas Mamanya telepon ya aku iyain aja kan tanggal 11 Januari buat datang ke rumah. Katanya niat ketemu keluarga biasa aja gitu, nggak usah acara gimana-gimana. Nah, konfirmasi lah aku ke orang tua kalau keluarga Karei mau datang tanggal 11 Januari. Tiba-tiba, besoknya aku inget kalau 11 Januari kan aku pergi ke Bangkok! Ya Allah bisa lupa gini ya, terus aku bilang Mama eh diomelin hehe. Ya gimana, sibuk banget sampai gak kepikiran kalau mau ikut konser lagi ke Bangkok huhu maafin. Langsung deh hari itu juga aku telepon Mama Karei buat rechedule minggu depannya. Diskusi ini itu dan konfirmasi ke pihak keluarga laki-laki, oke deh akhirnya fix di tanggal 18 Januari ketemuan.


Singkat cerita sampai lah kita di tanggal 18 Januari 2020.


Rumah udah bersih dari pagi, aku juga udah mandi pagi--tumben banget loh ini karena mau ada tamu haha--adek-adekku juga udah mandi pagi. Pokoknya Mama juga nggak bikin acara yang wah gimana ya, cuma ngundang Uwa dari pihakku dan pihak Karei aja, bukan keluarga besar gitu. Sekitar 2 jam kemudian, akhirnya Karei dan keluarganya sampai. Ya awalnya biasa deh ya kita ngobrol-ngobrol ringan aja. Tapi pas obrolan serius dimulai, keluargaku tuh kayak yang kaget karena ternyata keluarga Karei bawa ustad gitu, which means ya acaranya jadi semi formal. Mana pas ustadnya nanya bawa cincin nggak, ya Karei juga nggak bawa orang kita nggak ada persiapan apa-apa. Dikira emang acara biasa aja gitu kan nggak semi formal gitu. Mana masak seadanya pula hehe ya udah habis keluarga Karei pulang aku diomelin lagi katanya nggak bener konfirmasinya. Taunya Karei dan Mamanya pun nggak tau kalau Uwanya itu bawa ustad segala, orang nggak konfirmasi hahaha. Ya udahlah kacau pokoknya acara lamarannya jadi kocak. Ditanya cincin aja planga-plongo kita bingung =))


Tapi alhamdulillah acaranya meskipun kocak ya tetap berjalan baik, keluarganya pada welcome banget kok, apalagi Uwa perempuannya tuh kayaknya ngebet banget gitu pengen cepet-cepet huhu makasih yaaa udah mau terima aku dengan baik :')


***


Setelah hari itu, aku mulai deh agak serius buat cari-cari vendor. Hal pertama yang aku cari adalah WO (Wedding Organizer). Ini harus banget karena kesibukanku sama Karei kayaknya bikin kita berdua nggak akan bisa full buat ngurus persiapan nikah. Begitu juga keluarga. Bukan aku nggak percaya, sih, tapi ya emang aku anaknya gak suka ribet dan pengin yang simple-simple aja. Untungnya keluarga Karei juga setuju-setuju aja kalau kita pakai WO, dan keluargaku juga. Selama seminggu itu aku sibuk cari WO yang pas, sementara Mama dan Uwa sibuk menentukan tanggal. Aku mah ya manut aja deh kalau soal tanggal karena kebetulan keluargaku juga masih suka menghitung 'tanggal bagus', jadi ya aku serahkan aja ke mereka.


List WO udah ketemu, tanggal udah ada pilihan, akhirnya hari Sabtu depannya giliran aku dan keluarga yang datang ke rumah Karei untuk silaturahmi sekaligus ngomongin tanggal. Berhubung sebelumnya aku udah ngobrol sama salah satu WO, maka sepulangnya dari rumah Karei langsung aja tuh aku datengin WO-nya. First impression sama WO-nya bagus banget, bikin nyaman dan nggak merasa tertekan kita harus pakai vendor ini, kita harus pakai vendor itu. Jadi akhirnya aku memutuskan untuk pakai jasa Cleopatra Wedding Organizer sebagai partner yang mengurus acara pernikahanku ini.



Sebenernya ini bukan endorse juga sih ya, cuma sedikit sharing pengalamanku sejauh ini berpartner dengan Cleo WO. Jadi alasan yang paling mendasari kenapa aku pilih Cleo karena fleksibel dan ownernya sangat ramah. Cleo ini bukan WO yang ngasih paketan dan harga sekian. Jadi, kita semacam diajak diskusi gitu mau pakai vendor siapa, budgetnya berapa, mana aja vendor yang tingkat satu, tingkat dua, maksudnya berdasarkan pengalaman si WO dan customer yang udah-udah, ya. Jadi nggak mutlak juga sebenernya. Nah di hari pertama ketemu WO ini tuh aku yang kayak bingung gitu loh, karena nggak tau sama sekali tentang vendor pernikahan.


Waktu WO-nya nanya vendor make up mau sama siapa, vendor kebaya mau yang mana, foto sama siapa, musik, dll, aku cuma bisa menggeleng karena nggak pernah tau mana yang bagus hehe. Jadi lah semua diawali dulu dengan tanggal. Rencana awal kita mau ambil tanggal 8 Agustus karena selain Karei suka tanggal bagus, orang tua juga berdiskusi kalau itu 'tanggal baik'. Tapi ternyata setelah konfirmasi gedung, udah full booked untuk pilihan gedung yang kami mau. Ada satu gedung yang semi outdoor gitu, biaya sewanya udah include gratis 17 kamar, tapi kemahalan. Jadi kami pindah ke tanggal 18 Juli. Gedung udah oke, tanggal udah oke, tinggal kita pilih vendor lain.


Vendor berikutnya adalah catering. Kalau ini sebenernya lebih berurusan dengan orang tua sih karena kan mereka lebih paham soal rasa dan selera. Apalagi Mama, nggak diragukan pokoknya seleranya tuh. Dan atas pertimbangan ini itu, jadi lah kita ambil catering dari JM Catering.


Berikutnya adalah vendor make up dan baju. Rencana awal aku mau bikin kebaya untuk akad, sedangkan resepsinya mau sewa aja. Ya at least punya kenang-kenangan baju nikah gitu. Tapi dipikir-pikir lagi ribet juga ya harus bikin, cari model, cari bahan, dll. Oke deh, nggak jadi dan akhirnya memutuskan sewa aja. Karena sama sekali nggak tau make up yang bagus, aku dikasih beberapa pilihan sama orang WO untuk make up. Rata-rata mereka udah menyewakan kebaya juga kok. Tapi setelah aku lihat instagramnya, kayak kurang srek gitu loh. Apa ya, too much aja agak tebel dan menor gitu looknya. Meskipun ada beberapa yang enggak, tapi kebanyakannya gitu. Diskusi lagi lah kita sampai akhirnya orang WO menawarkan kalau kebaya yang bagus-bagus itu ada rekomendasi di Tasik. Dia nggak ada make up-nya, tapi kebayanya bagus-bagus. Setelah aku lihat-lihat di IG-nya lumayan sih meets my expectation. Oke akhirnya untuk sewa kebaya udah fix ambil dari Kewes Kebaya. Tapi make up masih belum nemu yang cocok nih. Tiba-tiba owner WO-nya langsung ngasih aku rekomendasi make up flawless gitu kan, mungkin dia baru kepikiran juga kali ya hehe. Begitu aku cek, wah beneran aku langsung jatuh cinta sama hasilnya. Mostly hasilnya flawless, semacam no make up make up gitu hasilnya dan itu yang aku mau. Akhirnya aku mempercayakan Bella Progresto untuk make up-in aku.


Selanjutnya adalah vendor dekorasi. Sebenernya, waktu kuliah dulu aku pernah punya wedding dream bertema frozen gitu. Bukan ada Anna Elsa ya, maksudnya tema winter gitu yang dekorasinya serba biru, terus ya kesannya kayak dingin winter gitu deh. Tapiii..., semakin ke sini aku semakin mikir pengin yang warm dan simple aja gitu. Makanya waktu ditanya dekorasi pengin yang gimana, aku langsung kepikiran pengin tema rustik. Karena nggak mungkin untuk ambil tema rustik garden party, jadi aku request tema rustik untuk di gedung dan WO-nya ngasih lah rekomendasi vendor dekorasi yang udah ahli di per rustikan, namanya Pinehouse Decoration. Pertama kali lihat portfolionya di Instagram aku langsung jatuh cinta banget, jadi nggak minta opsi kedua aku langsung fix aja ambil vendor itu, termasuk untuk vendor siraman.


Selanjutnya untuk vendor entertainment, foto & video, aku sama sekali nggak tau yang rekomendid karena selain ini first time, beberapa temen yang udah nikah di Garut juga nggak pakai WO gitu jadi mereka cari sendiri vendornya dan ada yang udah sepaket sama make up. Terus kayak beda generasi gitu sih karena temen SMA-ku kebanyakan yang udah nikah sekitar 2-3 tahun lalu hehe jadi aku minta saran dari WO aja yang rekomendid apa. Ketemu lah sama Judith & Co. untuk entertainment, dan Alto Portraiture untuk foto dan video.





Oke, kayaknya untuk part ini sependek ini dulu deh ya. Nanti next part aku bakal cerita drama cari seserahan dan mas kawin di tengah pandemi! See you next part~




















You Might Also Like

1 komentar

  1. HEHEH, kirain uda nggak aktif lagi ni blog.
    Selamat ya mbak dan mas na . semoga menjadi keluarga sakinah dan mawadah. :)

    ReplyDelete

Tell me what do you want to tell :)