Beautiful Sat-night

Selamat malam. Happy saturday night! Gimana nih malam minggunya? Seneng? Sedih? Galau? Kalau galau baca postingan aku aja yuk. Malam ini aku mau cerita bahagia. Bahagiaaa banget. Ceritanya apa sih kok sampe bikin seneng gitu, Wi? Okay, let me tell you my experience:)

Tadi menjelang magrib, sekitar pukul 6-an, aku iseng-iseng buka twitter. Soalnya seharian ini aku leyeh-leyeh dan udah lama nggak baca TL. Dan tiba-tiba aku baca tweet dari @nulisbuku yang ngumumin lomba cerpen yang aku ikuti bulan Februari lalu. Oh iya, aku baru inget ternyata sekarang pengumumannya. Nah, sebenernya sih aku juga agak pesimis buat ngecek. Kenapa? Soalnya setelah aku kirim cerpennya, pas aku cek lagi ternyata ada kesalahan. Huhu.


Oh iya, sebelumnya, aku jadi ikutan 2 kategori di lomba dengan tema "Love Never Fails". Pertama yang perorangan, kedua yang kolaborasi bareng sama Kak Nda. Aku baru kenal sama Kak Nda setelah dia promosi di twitter-nya @nulisbuku. Kebetulan saat itu genre dan buku yang dia baca sejenis sama punyaku. Dan bukunya juga sama, yaitu Coupl(ov)e karya Rhein Fathia. Kak Rhein, makasih ya. Gara-gara buku itu, aku jadi punya temen baru, partner baru juga. Nah akhirnya fix deh kami kolaborasi. Waktu lombanya cuma seminggu. Dan 2 hari setelah lomba resmi dimulai, kami sama-sama belum dapet ide mau gimana ceritanya. Akhirnya Kak Nda ngusulin deh buat bikin cerita tentang cinta yang kuat dari sang anak untuk ibunya. Aha! Imajinasi aku kayak dipancing gitu aja, akhirnya keluarlah ide-ide yang mengendap lama. Aku coba kasih usul dan penjelasan sama dia.

Dia setuju. Akhirnya dia bikin opening, aku bikin konflik, dan dia bikin lagi ending. Ternyata pas aku email cerpen yang udah aku buat dan digabungin sama opening dia, kami sempet mengalami kesalahpahaman. Dia kira tokoh ayah belum meninggal. Tapi penafsiran dan yang aku jelasin dulu tuh udah meninggal. Setelah dirunding, akhirnya kami memutuskan buat nerusin cerpen yang udah dibikin. Iya, Kak Nda tinggal bikin ending-nya.

Setelah selesai, akhirnya aku yang kirim deh. Rasanya deg-degan sekaligus berharap juga. Soalnya dulu aku pernah kalah di proyek yang diadain nulisbuku. Semoga kali ini nggak lagi. Dan ternyata aku dapet ide juga buat bikin kategori perorangan. Akhirnya aku coba bikin. Dan malah cerpen itu yang aku kirim duluan.

Okey, balik lagi ke cerita tentang pengumuman lomba cerpen itu. Meskipun pesimis, tapi nggak pa-pa deh iseng aja aku buka. Menang syukur banget, nggak menang ya udah, belum rezekinya mungkin. Setelah itu aku buka deh sambil tidur-tiduran di kursi ruang keluarga. Mama lagi duduk di kursi meja makan dan adik aku yang paling kecil lagi main-main nggak jelas di sekitar situ juga.

Aku scroll ke bawah terus menelusuri satu per satu judul dan penulis yang lolos jadi kontributor. Buat kategori peroranganada 9 buku dengan judul "Love Never Fails". Dan ternyata, dari 9 buku itu yang masing-masing ada 17 karya, nggak ada satu pun judul cerpen dan namaku. Huh... nyaliku langsung tambah ciut. Emang susah banget lolos di lomba ini:(

Sedangkan untuk kategori kolaborasi, ada 3 buah buku. Dan kalian tahu? Karyaku dan Kak Nda masuk di buku pertama! Antara kaget, seneng, dan nggak tahu harus ngapain.

KARYA KAMI LOLOS!

Setelah sholat, aku baca lagi pengumumannya

Aku langsung bangkit dan teriak, "Apaaa?"

Mama kaget dan nanya, "Kenapa sih ngagetin aja?"

"Mah, Teteh menang lomba cerpen, Mah!" aku langsung lari nyamperin Mama dan jerit-jerit. Terus aku peluk Mama saking senengnya.

Mama balas meluk, bilang "Alhamdulillah" terus nanya-nanya. Ya udah akhirnya aku jelasin deh perjalanan panjang aku sampai naskahku bisa lolos masuk. Dan dari situ Mama bilang kalau Mama dulu pernah bikin puisi dan punya buku kumpulan puisi. Aku baru tahu ternyata Mama kalau curhat dilampiasin lewat puisi. Hmm.. pantesan anaknya sekarang suka nulis. Mungkin ada turunan sedikit dari situ kali ya. Mihihi...

Karena adzan udah berkumandang, Mama nyuruh buat langsung sholat. Setelah sholat pun aku masih nggak percaya kalau karya kami bisa lolos. Padahal setelah aku baca ulang masih ada beberapa typo. Tapi namanya rezeki emang nggak kemana.

Beberapa hari lalu, aku ngerasa jenuh banget sama hidup aku sendiri. Kok kayaknya hidup aku gini-gini aja. Ternyata, setelah galau  karena pacar, berlanjut juga ke galau tentang hidup. And for the first time, aku jenuh sama dunia nulisku. Iya, aku jenuh nulis. Aku males buat nulis lagi. Diharkosin penerbit, lomba nggak menang, dan tulisanku cuma gitu-gitu aja. Payah ya aku? Memang. Tapi namanya orang lagi pesimis emang sensitif.

Dan... Allah emang sayang banget sama hamba-Nya. Pasti. Dia kasih aku rezeki yang menurutku priceless banget. Alhamdulillah. Akhirnya sekarang aku tambah semangat lagi buat nulis.

Dan tentang cerpen pentalogi itu, aku baru bikin ending-nya. Belum bikin 3 cerita di tengahnya. Ya karena jenuh itu kemarin. Hahaha. InsyaAllah Maret ini selesai. Juga cerpen yang gagal lolos lomba, bakal aku posting di sini deh untuk minta komentar pembaca.

Jangan lupa beli bukunya, ya!
Caranya, sila pesan ke admin@nulisbuku.com dengan subyek email: ‘BELI BUKU Love Never Fails’ dan menyertakan nama lengkap, alamat, no HP dan judul bukunya di badan email. Lalu tunggu reply dari mereka aja. Untuk judul bukunya, isi dengan "Love Never Fails, buku #1 Kolaborasi". Harga buku Rp. 50.000. Bukunya akan dikirim serempak tanggal 4 April 2014 nanti. Jadi masih ada waktu buat nabung dulu, lho. Aku tunggu apresiasi kalian atas karyaku ya, karena penulis yang baik adalah penulis yang mau membaca dan mengapresiasi karya orang lain. Dan juga, seluruh kontributor nggak akan dapet royalti karena hasil penjualan akan disumbangkan buat panti asuhan.

Ya, akhir kata makasih buat kalian yang udah niat buat beli bukunya. Selamat juga buat para kontributor lainnya, terutama para pemenang. Buat yang belum menangdon't be sad. Karya peroranganku pun masih belum beruntung. Tapi jangan pernah berhenti belajar dan berkarya ya! Cheers;)

This is my second anthology book. Alhamdulillah



With love,

You Might Also Like

42 komentar

  1. ikuti juga blog aku ya http://denazenajiah.blogspot.com/ trim's

    ReplyDelete
  2. Widih sadis nih. Jaid nambah deh buku yang ada tulisna sendiri.

    Ibunya pasti gak heran kalo anaknya jago nulis, ibunya juga pernah buku puisi juga ternyata. Kaloborasi yang bagus.

    Saya tahu gimana rasanya ditolak, itu rasanya, behhh.. pasti tahulah gimana rasanya.. tapi untung yang kuet bisa lolos, bisa jadi seneng lagi.

    Selamat ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah banget kakbay. Haha itu aku pun baru tau ternyata. Mama nggak pernah cerita sebelumnya.

      Iya, meskipun udah sering ditolak, tetep aja tiap ditolak sakit banget. Ya alhamdulillah ada penyembuh dari karya yg kolaborasinya.

      Makasiiihh kakbay :D ayo beli doongg bukunyaaaa

      Delete
    2. Iya, ditolak dalam hal apa pun emang gak enak, meskipun udah tebiasa, tetep aja sakit.

      Beli gak ya? Liat uang dulu lah :)

      Delete
    3. Iya kak, ini curhatan ya?:))

      Ayo beliii. Semoga rezekinya tambah banyak. Aamiin...

      Delete
  3. Dwiiii kamu emang keren, dan aku akui kamu emang jago bikin cerpen, keren
    selamat yaaa akhirnya antologi kamu lolos juga walau masih kolaborasi, tapi itu sebuah prestasi membanggakan :)

    kapan-kapan ajak aku dong yaaa... eeehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih kakmey. Tapi ini belum seberapa. Karya aku masih amatiran juga.

      Haha siap kak, tunggu dapet kabar lomba lagi ya :D

      Delete
    2. aakh siapa bilang kamu amatiran?? jelas-jelas tulisan kamu bagus kok
      nyatanya itu lolos juga :)

      okee sippp makasih ya Dwi
      sukses selalu buat kita

      Delete
    3. Iya tapi masih belom mahir-mahir amat kok kak:(
      Hehe alhamdulillah...

      Sukses buat kita kak, sama-sama ya:)

      Delete
  4. keren nih udah punya buku, gak sabar pengen baca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tapi masih buku antologi sih hehe. Sip, beli yaaaa!

      Delete
  5. wiih selamat ya buat kamu, buku anthologi yang kedua nih, cieee.
    makin semangat terus yaa nulisnya. jangan pesimis dong, jadi orang harus optimis hehe.

    btw mamamu juga suka nulis juga ya ternyata wkwk. pantesan anaknya jago banget nulisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih makasih reyza. Bener nih, dikasih petunjuk buat tambah semangat nulisnya haha.

      Iya alhamdulillah, tapi aku masih amatiran banget kok..

      Delete
  6. Wah, semangat ya kak! Makin semangat nulisnya! Sukses terus >.< *peluk* #BUAGH *ditendang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya liaaa! Kamu jugaaaa. Sini peluk peluk~

      Delete
  7. wah selamat mba ! pengen banget bisa menang lomba nulis kaya gitu. tapi EYD saya masih berantakan. ahahaha maklum masih baru. semoga bisa konsisten nulis sambil perbaikin EYD :D
    sekali lagi selamat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih makasih.. Aku juga berawal dari coba-coba kok. Sambil ngelatih terus nulisnya. Sip sama-sama belajar aja yaa.

      Sekali lagi makasih :D

      Delete
  8. Huaaaa ka dwi selamaaaaat ! (peluk mamah) keren ni nyangkut lagi deh namanya di buku haha selmet selamet ka..

    kolaborasi ya.. itu gimana si.. apa gaya tulisan nya jadi ga nyambung.. apa jadi unik tuh yak.. tapi tetep si keren hoho (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwaaa makasih ridho! Kenapa peluk mama?._.

      Itu yang bikin nggak aku sendiri, jadi barengan sama orang lain. Jadi kerja sama gitu. Ayo beli yaaaa :D

      Delete
  9. Selamat ya, Dwi. Semoga kemenangan ini menjadikanmu kian produktif ke depan. Ehm, bikin bangga mama juga ya. Bakat emang nurun, hehe.
    Jangan berhenti meski sering kalah lomba atau ditolak media.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga Mbak. Tapi Mama di puisi, aku malah nggak bisa puisi. Hehe...
      Sip sip, harus terus semangat!

      Delete
  10. weh, selamat yaaa... semakin banyak karyanya....
    semangat yaaaa ....

    aku pengennn bacaaa kak.... ntar kabarii ya kalo udah ad di malang tuh buku :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih nenna:)

      Sayangnya ini harus pesen online. Pesen online aja yaa, ditutupnya sebelum 4 April soalnya. Yayayaaa

      Delete
  11. kereen, udah jadi buku >.<
    nanti klo liat d i toko buku beli ah
    jangan lupa berkarya lagi ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya ini bisa pesen online. Pesen online aja yaa, caranya udah aku jelasin di akhir postingan tuh. Makasih :D

      Delete
  12. kereeen aaak gak sabar pengen baca ceritanya.. hehe :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo pesen bukunya sebelum tanggal 4 April yaaa :))

      Delete
  13. Udah males nulis tau-tau menang lomba cerpen itu rasanya pasti kayak bunga mawar yang udah mau mati eh tau-tau di kasih pupuk and bisa mekar lagi..hehehe
    Selamet yaaa udah menang, itu artinya Allah masih mau lo nulis. Jadi, ditunggu postingan2 selanjutnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Udah jatuh dari lantai ratusan gedung, tiba-tiba di bawah disedian trampolin mega super king size. Nggak sakit dan terbang lagi. Haha

      Makasih kak. Iya bener-bener. Hidup nggak seru kalo enak terus. Jangan lupa juga beli bukunyaaa yaaa

      Delete
  14. dua pilihan ketika menulis dan mengirim ke media "terima atau tolak." hihi diterima pasti mudah, namun kalau di tolak? hihihi harus membiasakan agar menjadi juara sejati :) selamatttt pasti senang dan semoga selalu konsisten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sih, tapi kalo menang tantangannya lebih susah. Yaitu harus produktit!

      Aamiin, makasih kak. Jangan lupa pesen bukunya yaa :D

      Delete
  15. selamat ya karya kolaborasinya lolos.
    semoga kapan2 bisa nembus penerbit mayor hehehe....
    eh coba kamu kirim ke majalah2 remaja ato media massa biar ada honornya, wlwpun lebih susah nembusnya. apapun hasilnya kan terus bisa ditayangin di blog cerpeennya.
    keep konsisten :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih kak ina. Semoga dan harus bisa:)

      Iya aku nggak pernah beli majalah sih kak jadi nggak tau kriteria dan khas majalah itu gimana. Lagian cerpenku masih jelek banget :(

      Delete
  16. Ciyeeeh buk Jogres ya kaya di film digimon.
    gak gampang loh bikin cerpen barengan gitu hehe

    selamat ya, sekarang tinggal novelnya biar cepet terbit \o/

    btw, cover mana cover?
    itu 50ribu gak bisa diskon apa -___-
    nanti masih kena ongkos kirim juga? duh...

    btw, gue pensaran sama covrnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya emang susah bang. Selain bikin cerpen, harus pinter-pinter ngomong dan manaje partner juga.

      Makasih yaaa. Aamiin, doain aja biar cepet dikabarin lolos.

      Oh iya cover ya. Haha lupa bang. Ntaran deh. Nggak bisa diskon:( ongkos kirim kan nggak akan nyampe 5o rb juga. Ayo beli yaakkk nanti aku pasang covernya :D

      Delete
  17. Waaah lolos di nulisbuku, selamaat yaaa ..
    Semoga bisa jadi penulis hebat nantinya :)
    Aku pernah gagal dan rasanya masih belum bisa melanjutkan untuk coba2 ikut lomba lagi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yaa:)
      Aamiin, ya Allah. Haha iya bener sih. Tapi sayang juga kesempatan nggak akan datang 2x. Mending gagal daripada melewatkan kesempatan.

      Semangat!

      Delete
  18. Alhamdulillah, makasih yaa. Ayo semangat terus berkarya!

    ReplyDelete
  19. Second? Yang first mana wi?

    Selamat yaaak!!
    Ngerasa males nulis eh tetiba malah dapet kabar gembira menang nulis. Kalo gue udah deh. Pacaran sama laptop aja. Huaah bahagia banget yaak. Sampe ke gue juga rasanya.

    Ditunggu bukunya dan tunggu yaa reviewnya dari gue ^^ Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang first udah lama banget hehe.

      Iya makasiihh. Itu emang anugerah banget kayaknya:))

      Bukunya harus pesen online, ayo dipesen ya Cil caranya udah ada kok di akhir postingan. Ditunggu reviewnya loohh

      Delete
    2. iye tak pesen ini wii.

      Okesippp

      Delete
  20. kakaknya keren banget :)
    aku mau dong bisa kaya gitu.
    aku satu aja belom, kakaknya udah dua :(
    selamat yah kak, tetaplah berkarya :)

    ReplyDelete

Tell me what do you want to tell :)