[Story and Review] : Asem Manis Cinta



Selamat malam! Padahal tadi pagi udah posting blog, tapi saking semangatnya sekarang udah posting lagi. Kalo tadi tulisannya tentang flash fiction, sekarang aku mau nulis tentang... apalagi kalo bukan tentang buku yang baru lahir dari anak-anak Blogger Energy. Yap! Asem Manis Cinta.


Niihh gimana nggak unyu coba covernya!

Sebelum ngereview, aku mau cerita dulu ah perjuangan ngedapetin ini buku. Dimulai dari hari itu, tepatnya tanggal 24 Februari hari Selasa. Aku udah baca tweet BE yang bilang kalo buku ini udah terbit. Tapi mungkin nggak akan langsung ada di toko buku. Mungkin awal-awal ada di Jabodetabek. Nah berhubung itu hari Senin, aku mutusin buat ke gramed hari Rabu. Karena kalo hari Selasa, aku mikir kayaknya belum nyampe. Dan lagi aku emang punya jadwal ke gramed hari Rabu.

Jadi tibalah di hari Rabu. Siang menjelang sore, sekitar jam 2-an aku ke gramed yang di Jl Merdeka, tepatnya depan BIP buat hunting ini buku. Aku langsung jalan ke daerah novel-novel remaja. Ternyata nggak adaAku pun naik lagi ke lantai 3, tempat novel-novel barubest sellerdan novel terjemahan. Ternyata nggak ada juga. Mau nanyain pegawainya, tapi nggak ada yang stand by di sana. Makin bingung deh tuh. Biasanya suka ada Mbak atau Mas yang lagi rapiin buku.

Akhirnya setelah menimbang-nimbang galau sendiri, keluarlah sebuah keputusan aku cari di tempat lain. Aku keluar dari gramed dan nyebrang masuk ke BIP. Di sana kebetulan ada 1 toko buku, Gunung Agung. Setelah nyari di jajaran buku baru, ternyata nggak ada juga. Ealah, gimana nih pending banget masuknya? Aku ngomel dalem hati. Akhirnya kutanya pegawai di sana dan dia bilang belom ada.

Setelah itu, aku pun balik ke kosan dengan malah menenteng belanjaan buat keperluan di kos. Setibanya di kosan, aku kepikiran buat nanyain di toko buku favoritku, Rumah Buku, yang ada di Jalan Supratman.

Dapet balesan ini senengnya bukan main

Akhirnya, setelah perjuangan dateng ke sana, dapet deh bukunya. Tadaaaa ini dia!


Kondisi buku setengah jam setelah dibeli. Masih diplastik unyu.

Bukunya makin cantik karena bergandeng sama pemilik yang juga berwajah cantik:3

Tapi sayangnya, buku itu belum bisa kubaca karena aku harus baca dulu kitab seorang anak akuntan. Yap, Intermediate Accounting yang ukuran dan tebelnya jauh banget sama si buku unyu itu.

Serem kan bukunya-_-

Akhirnya di hari ini setelah pulang ngampus, aku langsung baca buku cantik dan imut ini. Setelah tanggal 26 itu aku buka plastiknya dulu, aku isep wangi khas buku baru, aku buka lembaran pertama dan langsung dibubuhin tanggal serta tanda tangan. Kebiasaan (sedikit) aneh kalo aku habis beli buku baru.

Tanda tangan & tanggal juga bertinta pink biar tambah unyu

Daftar isi dan judul cerita warna pink juga. Unyu banget kan...

Baiklah, aku mau nyoba review tentang bukunya. Ini adalah kali pertama aku ngereview buku dan ditulis di blog. Jadi kalo nggak enak dibaca, maaf banget. Aku pun sama sekali nggak bisa ngereview soalnya :(

"Setiap orang pasti pernah ngerasain gimana rasanya jatuh cinta. Mulai dari cinta yang datang karena terbiasa, sampai cinta yang datang dengan terpaksa karena memang gak ada yang lain. Anak-anak Blogger Energy sering ngabisin tisu toilet daripada sabun di kamar mandi gara-gara sering kepedesan berhadapan dengan yang namanya cinta.
Nah loh, cinta ngeri juga ya ternyata! Semua itu karna cinta banyak rasa."
Nah, yang di atas itu adalah blurb dari buku Asem Manis Cinta.

Sesuai sama judulnya, buku ini bercerita tentang asem-manisnya sebuah hubungan percintaan. Cerita tentang cinta yang diceritain langsung oleh masing-masing orang sebanyak 12 orang (minus 1). Awalnya aku pikir cerita ini dibagi-bagi. Misalnya si A, B, C, ngasih kisah manis. Si D, E, F, ngasih kisah asem. Sisanya ngasih kisah pahit. Tapi aku salah. Ternyata tiap orang nyeritain asem-manisnya percintaan dalam hubungan mereka masing-masing. Penasaran kan? Makanya beli!

Bener apa yang Ranger bilang, kalo setelah baca buku ini, aku bakal bilang, "Aku nggak nyesel beli buku ini!" beneran deh emang nggak nyesel. Kenapa? Seru banget ceritanya! Aku salut sama perjuangan Gyers-gyers yang berani nembak meski dengan banyak pengorbanan, terutama pengorbanan mental. Meskipun bingung, deg-degan, takut ditolak, tapi rasa itu dilawan demi mengungkapkan perasaan kalian sama orang yang disuka. AkhirnyaYa... baca sendiri aja x)

Cara penyampaiannya juga nyantai banget, berasa cerita aja gitu. Dikemas pake gaya humoris ala masing-masing orang. Ada juga yang dibuat romantis. Yang garing juga ada sih, tapi karena ceritanya sedih jadi ikut prihatin haha. Pokoknya aku sampe ngakak-ngakak, ikut senyum-senyum, bahkan sampe netesin air mata. Salut banget sama mereka yang sanggup nginget kenangan masa lalunya demi lahirnya sebuah karya, buku ini. Ini kisah nyata mereka loh ya...

Diliat dari covernya sih lucu banget. Perpaduan warna pink sama item, terus ada love-love kecil warna abuCovernya juga halus. Dan tulisan serta gambarnya berbahan licin juga timbul. Di dalemnya tiap judul warna pink. Daftar isinyaTerus kalo ada quote-quote dikotakin unyu. Dan pinggir-pinggirnya dikasih border gambar totol-totol kecil warna pink. Ih lucu banget deh pokoknya.

Tapi namanya sesuatu itu nggak ada yang sempurna. Termasuk dalam buku ini. Dari segi kekurangan sih mungkin cuma ada masih beberapa typo dan kesalahan EYD. Mungkin ini tanggung jawab editor, tapi apa salahnya penulis juga ngoreksi karyanya lagi? Ya mungkin lain kali dicek dulu sebelum fix. Terus ada cerita siapa ya aku lupa, itu ada bahasa jepang tapi gak ada footnote-nya. Aku nggak ngerti:( dan nggak ada biodata singkat penulis. Padahal kan menurutku itu poin penting biar pembaca tau secara singkat tentang penulis.

Kalo secara overallbagusDitunggu proyek berikutnya ya ranger-ranger:)

*note: ada kata-kata dari kak yoga yang aku suka:
Hidup tanpa diucapin kata-kata penyemangat dari orang yang kita sayang tuh rasanya hampa

Aku sampe kasih pembatas gitu halamannya

Aku nggak ngerti cerita Ichsan itu asem-manisnya cerita cinta dia di mana?-___-

Aku minta maaf buat kak @efnumu karena nggak selesai dibaca ceritanya. Aku takut bacanya haha. Mungkin kalo aku udah pulang ke rumah, rame-rame, aku lanjutin bacanya. *peace

Pokoknya jangan lupa dibeli bukunya! Harganya Rp. 40.000, udah tersedia di beberapa kota. Kalo belum, sabar yaa:)


With love,


You Might Also Like

34 komentar

  1. Keren juga perjuangan dapetin bukunya. Lumayan aneh juga digramedia masih belum nyampe tapi dilain udah nyampe.

    Masih ada typo ya? Padahal udah di cek berkali-kali. Masalah gak ada profil penulis itu juga agak risih. Padahal udah dikirim, tapi mungkin di sananya kelupaan.

    Thanks ya udah bela-belain ngereview. Itu yang garing pasti tulisan saya itu. Pasti. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makanya kak, biasanya di gramed kan selalu pertama. Mungkin antre, gak tau jg deh.

      Masih, tapi aku lupa cerita yang mana aja. Dan tanda baca kayak habis tanda tanya terus ada tanda titik. Gitu. Mungkin takut ketebelan kali ya

      Sama-sama kakbay... Haha nggak cuma punya kamu, ada beberapa cerita yang lawaknya garing. Niatnya ngelucu tp karena sedih jadinya ikutan sedih.

      Delete
    2. Aneh juga. Untung ditempat kamu gak cuma gramedia aja yg jualan buku.

      Nah bener kan -____- tapi gak papa, ada temennya

      Delete
    3. Iya untungnya sih nggak cuma ngandelin gramed doang.

      Etapi beneran loh malah ikutan ngenes. Emosiku juga ikutan terkuras gara-gara itu. Keren kak keren!

      Delete
  2. kyaknya kren banget tu buku.. jadi pengen bli juga

    ReplyDelete
  3. hasyeeek udah ngereview aja nih, cepet juga~
    btw thanks ya..

    itu beneran sampe nangis? hahaha

    btw niat banget ya sampe dikasih pembatas gitu, reviewnya bagus kok.. soalnya kamu enggak nyesel beli buku ini, hehehe

    event yang kedua ikutan yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang reveiw ala kadarnya aja yaa. Sip sama-sama.

      Serius. Aku lupa cerita siapa ya? Pokoknya udah ikutan seneng, bahagia, eh tiba-tiba netesin air mata. Yang latarnya di pantai itu.

      Biar nggak lupa bang haha sip event kedua pasti ikutan :D

      Delete
  4. cepat pisan ngereview nyaa, aku aja belum sempet belinya wi. nunggu awal bulan ahh :D

    rumah buku itu yang di jalan superman itu ya? ntar mau nyoba ke gramed dulu, kalo gak ada baru culik di rumah buku \o/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha mahasiswa perantau ya ri?

      Iya yang di sono, kemaren kelewat kan? Di situ diskon terus tiap hari. Cocok lah buat mahasiswa mah :D

      Delete
  5. Aku masih belum sempat beli bukunya..
    Keren Dwi- review bukunya “asem-manis cinta” karya teman-teman kita BE..
    Jadi ingin baca juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo beli segera kak! Nggak nyesel deh bisa ikut ngerasain cerita mereka.
      Makasih kak..

      Delete
  6. beraarti kam udah jadi orang keren karena udah punya buku ini :D btw gue jawab soal yg gak ada profil penulisnya ya, awalnya udah dikirim kok semua profil sampe foto2nya. tp karena takutnya jadi makin mahal bukunya, pertimbangan penerbit jadinya mending gak isi :D yang penting udah ada alamat blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya doong \m/

      Iya perkiraan juga sih gitu, soalnya itu banyak warna kali ya jadi cetaknya agak mahal. Kalo nambah profil, tambah halaman, harganya tambah mahal.

      Tapi gitu juga keren sih, yang penting kan ceritanya...

      Delete
  7. segitunya perjuangan tuk dapetin, untungnya aku nemuinnya secara gak sengaja, jadi gak sebegitu mengerikan perjuangannya hehe
    emang gak nyesel deh, aku dah beli juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak iva haha. Bener-bener nggak nyesel doong

      Delete
  8. Kewren! jadi enggak sabar beli :D

    ReplyDelete
  9. aneh juga yah di gramed nggak ada tapi d tokok buku yg nggak terkenal malah trsedia. gramed nggak keren hahaha

    unyu banget dalemannya. warna pink di balut warna item. PATUT DIBELI INI MAH :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha nggak tau tuh. Mungkin banyak yang antre kalo di gramed.

      Iya cepet beli nanti kehabisaaann

      Delete
  10. Selamat sore! (karena bacanya pas sore hehe)

    Jadi pengen bikin review-nya juga, tapii...
    ... tapi belum belli bukunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. iya cepet dibeli biar bisa ngereview :D

      Delete
  11. di tempatku juga Gramednya belum ada buku ini, mungkin gramed tempat kita nganggep buku ini kurang mainstream jadi gk dijual disitu... padahal kan buku ini udah ebih dari mainstream hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ntahlah haha. Tapi yang spesial memang selalu dateng belakangan kok, tenang aja.

      Delete
  12. Aduh wii perjuanganmu tuk dapetin buku itu udah kayak orang memperjuangkan dapet pekerjaan hahahaha *tunjuk diri sendiri*

    Cover bukunya sama2 cantik kyk orgnya :)

    Betewe habis dibeli baru dibaca bbrp hari kemudian yak? Hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya nih kak sampe segitunya:|
      Lagi nyari kerja ya kak? Ayo semangaattt \m/

      Ehehe makasih kak ina:3 iya nih 2 hari kemudian baru dibaca gara-gara harus baca buku tebel itu-_-

      Delete
  13. wuih..semangat banget nge-review-nya...
    aku udah beli dan baru baca beberapa cerita...kebanyakan cerita ngenes ya..hahaha

    bener banget.. sayang kalo nggak ada profil penulisnya..
    dan perjuangan buat nge-dapetin bukunya.. kereen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha itu review sederhana banget loh. Iya kasian yaaa =))

      Tapi kalo pertimbangan penerbit karena mahal sih mending nggak usah juga. Takut yang belinya jadi sedikit._.
      Iya niat banget yaa hihi

      Delete
  14. Dari kemaren banyak yg bilang takut baca cerita bang efnumu.
    Emang apaan sih? :o

    Ya ampun Jambi apa kabar yaaa? :'(
    belom ada juga masa.
    Hiks

    Pengen dapet yang gretongan, eh belom beruntung :(
    Aaaaaaaaaaa hidup gak adil !!

    Emang unyu banget itu buku nya.
    Dari cover aja udah memancarkan aura "adopsi akuuuuuh" gitu ke pengunjung toko buku.
    Ye kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu sampe kamu baca beneran aja haha
      Oh iya masa? Lama amet:(

      Sabar, sabar.. Nanti ada saatnya kalian dipertemukan kok *apalah ini*

      Iya itu minta diangkat jadi anak beneran!

      Delete
  15. emang bener-bener gak nyesel wi kalo udah beli buku Asem Manis Cinta, temen-temen gue aku aja pada ngakak sambil salto :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iya emang seru ceritanya kak. Seru banget!

      Delete
  16. Aseeek, kalo beli sih yang cantik tambah cantik !
    Bah, seremnya dari mana ? -_-
    Tapi sekarang udah dibaca kan ?
    Gue belum baca abis bukunya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cewek, cowok gimana Bang? Haha.

      Iya agak serem siihh.
      Tapi tenang, udah kok udah dibaca.

      Lah beresin cepet Baanngg. Keren deh semua ceritanya.

      Delete

Tell me what do you want to tell :)