[KPOP TRIP] Music Bank in Jakarta 2017; Akhirnya Ketemu EXO!

As I already told a few weeks ago that I will go to attend Music Bank in Indonesia after they mentioned EXO as one of their line up.


Sebelum hari H datang, banyak banget drama yang aku dan temen-temen segrup alami. Sampai mati-matian minta izin dan make sure sama orang tua kalau anaknya bakalan baik-baik aja di sana. Yakali, gimana gak baik-baik aja kalo yang ditemui di sana itu EXO? Kekekekek.

Nah, nggak cuma itu ternyata drama yang kami alami. Mulai dari beberapa temen nggak bisa datang, di kantor lagi sibuk closingan, banyak project yang kayaknya gak bisa terlaksana, dan tanggung jawab kami nanggung beban anak yang ikut tour guide. Stress? Jangan ditanya. Kalo bukan demi ketemu Oppa sih, males banget stress banyak :( tapi akhirnya dengan kemampuan yang bisa kami lakukan, beberapanya bisa teratasi. So well done. Aku mau cerita soal gimana keseruan acara Music Bank in Jakarta 2017 dimulai dari D-1.

Let's check this out!:)



D-1 aku sampai di Jakarta jam setengah 7 malam pakai kereta dari Bandung. Dari 5 orang yang berniat ikut nonton, ternyata yang fix ikut hanya bertiga termasuk aku. Ditambah satu orang lainnya. I will tell them first.

Tyas, Mine, Eva, me


Pertama Tyas. Doi anak kelahiran 93 yang biasnya di EXO itu Chen. Anak ini dari Tegal, dan terlihat paling niat buat nemuin Oppa ke Jakarta. Gimana enggak, di saat tanggal 31 Agustus malem aku udah bobo cantik, anak ini udah ada di kereta ke Jakarta.

Kedua Eva. Doi anak kelahiran 96, di bawahku 2 tahun tapi tengilnya naudzubillah. Selin banget anaknya. Biasnya di EXO itu Sehun, tapi sering tergoda sama Chen. Kadang rebutan Sehun juga sih sama aku karena Sehun itu emang bias wrecker banget. Doi tinggal di Jakarta dan anak ini yang terlihat--memang kenyataannya--paling sibuk sebelum Mubank.

Ketiga aku sendiri. Bias di EXO itu Kai. Melenceng dikit kadang ke Sehun atau Chanyeol.

Keempat Yasmine. Anak kelahiran 98, masih menempuh kuliah dan punya bias di EXO itu Chanyeol. Kalo melenceng dikit maunya sama Xiumin. Bukan yang termuda juga sih di antara anak-anak segrup. Tapi pas kemarin ketemu memang dia yang paling muda. Tapi paling bongsor:))

Ada 2 lagi yang suka gabung segrup. Sayas sama Veda yang gak bisa ikut nonton. Padahal rencana awal nonton itu berlima termasuk sama mereka.


Nah, setelah aku nyampe di hotel duluan sekitar jam 7, Tyas dan Eva pun nyusul. Tyas duluan, baru Eva. That's the first time I met them. Sebelumnya kita cuma ketemu lewat chat Line, telepon atau video call doang. Eh, akhirnya kemarin ketemu beneran sama mereka.

Kesepian nunggu~


Dan kesan pertama setelah ketemu mereka berdua adalah, di chat sama aslinya gak beda jauh. Sama-sama gesrek, gak waras dan julid semua:) but they're really fun! Semaleman kita bertiga ngomongin banyak hal. Dari mulai julid-julidan, rebutan photocard, ngomongin bias siapa yang paling ganteng, gak sabar nunggu besok, mikir buat jalanin project, ah, pokoknya malam itu perasaan kami campur aduk.

Sampai akhirnya hari H datang. Omigooot. Can you feel ma heartbeat? It's really degun-degun you know.

Sebelumnya, aku mengalami drama dulu lightstick yang bakal aku pake buat nonton itu mati. Syalan~~~

Jadi kan aku habis foto-fotoin si LS itu dengan view lucu kan, nah iseng lah aku nyalain. Tapi kok nggak nyala? Aku panik. Terus aku coba lagi cetek-cetek, masih nggak nyala juga. MAMPUS LS-NYA MATIIII. GIMANA INIIIII?!




Terus Tyas dan Eva dengan bangcadnya malah puas ngetawain. And Eva said, "Mampus nggak nyala LS-nya. Kasian deh nontonnya nggak pake LS."

Rasanya, saat itu pengin aku jorokin Eva dari lantai 7 kamar hotel deh. Serius dia nyebelin banget :")

Akhirnya aku tukeran dulu deh batrenya sama punya Tyas dan ternyata nyala. Oh damn good. Ternyata batrenya udah mati. Kan sebel. Sampe di perjalanan, aku merengek sama Mamang go-car biar mau berhenti dulu di mini market buat beli batre. Tapi, lagi-lagi keberuntungan nggak berpihak sama aku. Sepanjang jalan dari hotel ke JIEXPO yang sekitar 600 meteran doang, kami nggak menemukan satu pun mini market.

AKU UDAH PENGIN NANGIS BANGET TAUUU.

Jadi, akhirnya aku memutuskan untuk pakai jasa Go-Mart aja demi kelangsungan nonton konser yang khidmat nanti wakakak.


Kami bertiga udah ada di venue sekitar jam setengah 8 kurang. Bawa beberapa snack buat dibagikan ke beberapa EXO-L terutama yang punya biasnya Chen. But the situation is very very hectic! Aku rasanya pengin bom orang satu-satu deh. Itu beneran mumet banget liat banyak orang mondar-mandir, jualan, calo, halah. Pusing dd.

Setelah urusan kami kelar soal bagi-bagi snack, urusan berikutnya adalah tukar tiket fisik. Ini juga cukup rumit karena nggak segampang itu nemuin kakak olshop di tengah lautan ribuan manusia. Yaaa memang belum seberapa ketimbang di Seoul yang nyampe 70 ribuan manusia. Tapi, itu tetep aja bikin pusing.

Tapi sambil nyari kakak olshop untuk tukar tiket fisik, nggak lupa dong, kita bertiga, ditambah Yasmine yang nyusul dari Bekasi langsung ke venue langsung hunting freebies. Freebies yang kami incar kebanyakan photocard sih. Tapi ada juga yang dapat strap, sticker sama banner. Padahal kemarin-kemarin udah ngincar transparent fan, tapi nggak dapet karena nggak nemu orangnya:(



Kelar kita semua dapet tiket, kami langsung masuk untuk tukar wristband dan masuk sesuai urutan zona. Nah, ini nih momen yang paaaling bikin capek. Setelah ngantri sesuai jalur untuk tukar wristband, antriannya benar-benar panjang gila. Tengah hari pula sekitar jam setengah 12. Sampai udah keringetan dan kucel abis:(

Udah lolos tukar wristband, kita dikelompokkan per zona gitu sesuai nomor urut. Karena aku dan Tyas kebagian nomor 588-589, kita pun ada di zona 4. Ternyata, Yasmine juga dapet nomor sekitar segituan. Eva, meskipun dapet nomor urut 430 yang harusnya ada di zona 3, tapi doi nungguin di zona 4 sampai dia kepanggil buat masuk venue. Jadi lah kita kumpul lagi di zona 4.

Kita nunggu di bawah tenda sekitar 4 jam setengah. Dari kelar sholat sekitar jam 1-an, bisa masuk venue sekitar setengah 6 lebih. Itu pun masih ngantri pula. Tapi, nunggu 4 jam setengah itu sebenarnya nggak begitu kerasa juga sih karena kita jadi nemu banyak teman. Ngobrol sama anak beda fandom, kenalan sesama anak sefandom, ngobrolin bias, ngobrolin cerita di hotel, foto-fotoin suasana hektik di sana pula.

Nunggu ditemenin mereka mana bisa bosen:))




Nah, akhirnya karena aku dan Tyas masuk section blue, sedangkan Yasmine dan Eva masuk section yellow, pas antri masuk venue kita jadi terpisah gitu.

Perasaan yang tadi udah sedikit tenang akhirnya deg-degan lagi pas udah di dalam venue. Aw, finally I'm here! Kalo Eva bilang mah, "Oppa, kita menghirup udara di ruangan yang sama!" atau "Oppa, kita ada dalam satu atap yang sama!"

Kayak mimpi tapi itu nyata!


Pas nunggu ini... deg-degannya kayak apa tau deh.


Seperti biasa, EXO memang ditempatkan perform paling akhir. Jadi, sebelum EXO full perform, aku dan Tyas saving energy dulu. Kita berdua menikmati kok penampilan yang lain. Dari mulai NCT127, Gfriend, B.A.P, juga Astro. Belum lagi ada penampilan spesial dari Chanyeol dan salah satu anak Gfriend nyanyiin lagu Stay With Me di mini stage di area green section.

Watdahel, suara Ceye bener-bener bikin mau pingsan. Hawt banget please. Kuingin menangis jadinya:(((( mana badas banget sama rambut abu-abunya itu:(((( untung aku masih inget Kai, dan masih setia sama Kai. As always.


Too hawt af!




Sebuah kiriman dibagikan oleh Dwi Sartikasari (@dwisartikasari) pada



Selain mau ketemu EXO, aku juga mau banget ketemu Park Bo Gum dan Irene di sana. Inget nggak, awal tahun aku pernah post kalau aku kepengin banget ikut Fanmeeting Bogum, tapi nggak kesampean. Aku sampe nangis sih gara-gara itu HAHAHA.

Tapiii, rezeki emang nggak ke mana sih ya. Eh, bulan September malah ditakdirkan bertemu. Barengan EXO pula. Jadilah hari itu lengkap banget kebahagiaanku di JIEXPO.

Suasana di dalam venue bener-bener pecah abis. Bener-bener gila. Apalagi, aku adalah orang yang paling habis buang-buang suara buat teriak-teriak, terlebih pas EXO tampil.

Yes, guys. Finally, setelah 2 jam lebih nunggu, akhirnya EXO tampil.

MEREKA TAMPIL 5 LAGU AND IT REALLY MAKES ME SATISFIED!

Parah, aku nangis beneran saking terharu bisa liat mereka langsung. Kalo dibilang deket sih nggak deket-deket banget, apalagi terhalang sama 3 buah kamera menyebalkan di tengah-tengah. Tapi, aku bersyukur karena punya penglihatan normal tanpa minus tanpa butuh kontak lensa atau pun kacamata. Aku bener-bener liat mereka live dengan mata sendiri.

DAN MEREKA BENAR-BENAR BERSINAR PARAH! HUHUHU:")))

Source: twitter/MyLoveKBS


Lagu pertama yang mereka nyanyikan adalah Kokobop. Gilsss gakuat liat mereka hawt-hawt banget.  Dan yang aku suka pas mereka nyanyi ini, fan chant-nya kedengeran jelas dan kompak! Seneeeng banget. Di situ aku lihat mood Kai bagus banget. He looks very happy. Mukanya ceria dan bersinar sekali~

Source: Kaily_94114
Look at her pretty smile:")) (source as tagged)


Kamu seneng ya Oppa, ketemu aku?:))

Terus, lagu kedua yang dinyanyikan adalah... The Eve!

GILA, THE EVE DONG, SERIUS THE EVE! AKU LIHAT LANGSUNG MEREKA TAMPIL THE EVE DI DEPAN MATA. HAHAHAHA. Udah nggak suci lagi nih mataku, EXO-Ls :")


Lagu ketiga yang mereka tampilkan adalah Lotto. Aku teriak kenceng banget gila! Dunno why I do love this song. Suara Kai-nya itu loooh, membekas banget. Mana suara dia yang jadi opening. Mana awalnya dia tuh sering teasing-teasing gitu, bikin leleh lah pokoknya. Apalagi dengan mood dia yang bagus banget saat itu beneran bikin momen tak terlupakan di antara kita. Ecieeee :")


Kan kan mukanya tuh ya...:(( (source: Mr. Destiny)


Lagu keempat yang mereka nyanyiin adalah Tender Love. Ini lupa yang ketiga sama keempat mana duluan. I'm too excited gitu soalnya. Intinya pas Tender Love itu mereka nyebar ke penjuru panggung. DAN ADA LUCKY FANS YANG HP-NYA DIAMBIL SEHUN BUAT DIA PAKE SELFIE. WATDAHEL, NGENVY ABIIISSS :(((

Sehun's taking fans handphone:((

Selcanya orang ganteng mah bebas~~~

Foto gantengnya~ (source as tagged)


Dan, lagu terakhir sebagai penutup yang sempurna adalah Heaven. Entah Heaven yang keempt ya, lupa dah. Intinya pas lagu ini tuh ada project angkat banner gitu. aku dan Tyas sama-sama angkat banner yang udah kami, para EXO-L INA persiapkan. Ada beberapa banner sih. Kalau banner yang aku pegang itu maksudnya "Aku hanya ingin melihatmu selamanya", ada juga banner Chen Project yang maksud tulisannya intinya sih ngucapin selamat ulang tahun untuk Chen dari EXO-L INA.


Ini banner yang aku pegang~

Tapi, meskipun banner-nya banyak macam, intinya sih para admin-admin fanbase dan anak-anak EXO-L pengin EXO tau kalau kita selalu ada. And we will always love and support them.


Ah, ya, di tengah perform mereka, ada 1 lucky fans beruntung yang ditelepon EXO untuk naik ke atas panggung. Dia bisa foto bareng semua member DAN MELUK BAEKHYUN! Untung sih adegan ini gak ditayangin di TV kemaren. Dan untungnya juga doi masih kecil. Gak kebayang sebanyak apa hati yang patah kalo adegan itu tayang di TV dan doi ternyata mbak-mbak cantik. Hiks :")


Choosing the lucky number~ (source as tagged)

The lucky girl is..... (source: Sehunnika)



Dan, setelah lagu terakhir selesai, itu rasanya aku dan Tyas tuh kayak..... kosong. We really need more time to see them. Nggak cukup, masih belum puas, masih kangen, masih pengin ketemu, masih pengin lihat mereka. Seriusan deh:")


Tapi ya... setiap pertemuan pasti harus berakhir kan?

Jadi, akhirnya malam itu kami harus rela berpisah sama EXO buat sementara. Sementara? Jelas dong, kan kita bakal ketemu lagi tahun depan ya, Oppa. di EXO Planet 4. Aamiin.

Setelah closing Mubank-nya selesai, aku sempat istirahat dulu sih sama Tyas, nggak langsung pulang karena capek gila dan pintu venue pasti padat. Kami malah bikin kenang-kenangan sama LS dan venue. Huhu, everytime I see those pics, it reminds me of that precious moment of my life.

Vivi dan Meong

Me and Tyas


Akhirnyaaaaaaaaaaaa kami sampai dengan selamat di hotel sekitar pukul... setengah 11 kali ya. Pokoknya itu badan udah benar-benar remuk gila. Capek parah. Tapi seru.

Setibanya di hotel, kami malah sibuk foto-fotoin hasil huntingan freebies dan stuff-stuff yang sempet kami beli di sana. Tuker-tukeran foto juga sih karena untungnya bias kami berempat beda-beda. Jadi nggak perlu ada sisterwar di antara kami.

Kami mandi giliran dan order makanan sekitar pukul setengah 12 apa jam 12 malem. Pokoknya tengah malam aja. Mana makan junk food pula. Udah deh, bye-bye aja badan kurus~~~ saking terlalu lelahnya, kami makan udah nggak banyak ngomong, bahkan Eva makan aja sambil merem coba. Keliatan sih dia yang paling capek:")

Besoknya, hari yang tidak diharapkan pun datang. Kami harus berpisah untuk pulang ke asalnya masing-masing. Berhubung aku pesan kereta jam setengah 11, jadi aku adalah orang pertama yang pulang. Gilaaa pengin nangis banget aku tuh pisah sama Tyas, Eva dan Mine. 3 hari yang luar biasa sama mereka.

Padahal awalnya, kami cuma stranger yang dipertemukan dalam grup Line. Terus berlanjut sering personal chat dan jadi dekat. Terus ketemuan dan nonton konser bareng. Mereka tuh udah berasa sodara jauh yang ketemu lagi pas konser kemaren. Bener-bener sedih harus pisah:(((

Kami berpelukan dulu sebelum aku pamit pulang. Dan kami sama-sama janji buat ketemu lagi tahun depan pas konser EP4 INA dengan formasi lengkap. HARUS YA!







HUAAAAAA AKHIRNYA PERJALANAN NONTON MUSIC BANK IN JAKARTA SELESAI SUDAH.

Makasih buat Tyas, Eva, Mine buat kerjasamanya, buat keseruannya, buat waktu dan tenaganya. I'm gonna miss you so much, gengsss! Buat Sayas sama Veda juga, meski kalian nggak datang, makasih ya buat hard work kita sebelum-sebelumnya. Buat Mamak yang selalu pengin aku sebutin... Makasih udah doain kita-kita buat ketemu. Makasih juga Mamak buat hadiahnya. Sukaaaa lucuuuuuu:)))


Mudah-mudahan tahun depan kita ketemu lagi ya!


Tyas gayanya preman banget ih:))

White day~


With love,




























You Might Also Like

2 komentar

  1. keren kak jadi nyesel ga nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun ini aja nontonnya:))) elyxion sekaligus biar puasss

      Delete

Tell me what do you want to tell :)