Kenapa Suka Drama Korea?

Ini adalah pertanyaanku dulu sebelum kenal drama Korea. "Kenapa sih orang-orang kok suka banget sama drama Korea?" dan, sekarang, akulah yang jadi sasaran atas pertanyaan itu. Hahaha. Senjata makan tuan.


Well, sebelumnya aku mau cerita dulu gimana sejarahnya (((sejaraaah dong))) aku suka sama drama Korea.



Jadi waktu itu aku pulang kerja. Sampai di rumah, adekku dua-duanya lagi anteng nonton drama My Love From The Star (banyak sih translate-an versi bahasa Inggrisnya).


Isenglah aku nyamperin kamarnya dan gangguin mereka. Pas aku intip adegannya, kok kayak yang pernah tayang di TV ya?


"Eh ini bukannya yang pernah tayang di rc....?"


"Iya, tapi nggak selesai. Sampe episode berapa terus hilang aja." jawab adekku yang pertama sambil masih fokus nonton.


"Oh, mungkin produsernya punya kisah cinta yang nggak selesai sama mantan kali ya." aku bergumam.


"Apaan sih." respon adekku.


"Rame nggak?"


Dengan amtusiasnya, adekku yang kedua langsung jawab, "rame banget Teh. Ayo nonton. Do Min Joon-nya ganteng."


Aku sempet menimang-nimang, sih. Seganteng-gantengnya orang Korea, kayaknya mukanya gitu-gitu aja deh. Mirip-mirip semua, pikirku.


Tapi okelah, kayaknya aku gak mesti men-judge sesuatu atas dasar ke-sok-tahuanku. Yaudah, setelah beres-beres pulang kerja, aku kembali ke kamar adekku buat ikutan nonton episode ke-17.


Aku lupa itu adegan yang mana. Yang jelas, saat itu tiba-tiba aku tersihir sama pesonanya Kim Soo Hyun sebagai seorang alien tampan, tajir dan kece badai.

Alien macam apa ini? (source)

Maaah, kalo semua alien sekeren doi, nggak apa deh aku diculik alien dan tinggal berdua doang di planet lain. Wakakakak *dijitak Mama*


Akhirnya tuntaslah episode 21 dengan perasaan membekas gak bisa move on dari Do Min Joon.


Jadi kalo ada pertanyaan "Siapa cinta pertama di drama Korea?" aku dengan lantang akan menjawab "Do Min Joon!"

***

Selang beberapa minggu kemudian, adekku yang pertama ngajakin nonton Descendants of The Sun yang lagi meledak padahal dramanya udah kelar berminggu-minggu lalu.


Saat itu aku menunda dulu karena sibuk closing-an di kantor. Maksudnya ya biar nonton dramanya santai gitu loh... Gak kepikiran sama tutup buku di kantor.


Dan finally, aku berhasil merampungkan drama DOTS dalam waktu 3 hari. Apa responku setelah nonton drama itu?


"Yoo Si Jiiiin, tolong bawa aku ke Urk! Tolong bebaskan aku dari sanderaan kerjaan di kantor!" *teriak-teriak dari Indonesia*


Selamatkan aku... Capt! (source)

Itulah drama pertamaku yang berhasil aku tonton full dari episode pertama sampai terakhir. Itu drama yang keren dan membekas banget. Yoo Si Jin memesonaaa~


Maaah, kalo semua tentara sekeren Yoo Si Jin, nggak apa deh aku disandera musuh biar akhirnya bisa diselamatkan doi. Wakakakak *dicubit Mama*


Karena DOTS berkesan banget buatku, rasanya aku jadi kesulitan move on (lagi) dari Yoo Si Jin. Bahkan, ini lebih sulit dari cinta pertama.


Lalu, kalo ada pertanyaan "Siapa cinta yang gak bisa di-move on-in di drama Korea?" aku dengan lantang akan menjawab, "Yoo Si Jin!"


Serius, sampe sekarang aku belum bisa move on dari si kapten gagah nan imut itu:(


Gak bisa move on dari DOTS rasanya susah membuka hati sama drama baru. Aku sempet nggak mau ngedrama beberapa minggu. *huek, lebay. Anggeur!*


Tapi dengan bujuk dan rayuan adekku yang kedua, akhirnya aku mulai deh membuka hati sama drama baru lagi.

***

Dream High adalah drama kedua yang aku tonton full semua episode. Daaan, lagi-lagi aku yang hatinya lemah tak berdaya ini kembali terpesona oleh ketiga pemain cowoknya.


Kim Soo Hyun, Taecyeon dan Wooyoung member 2PM.


Kali ini bukan alien, bukan pula tentara khusus. Tapi anak sekolah. Iya, Mak, aku jatuh cinta sama anak sekolah di Kirin Art School. Hahaha.


Dia bukan first lead male ataupun second lead male yang memperebutkan si first lead female-nya.


Tapi dia pemeran pendukung yang bikin drama itu jadi lucu. Rasanya kalo nggak ada dia, Dream High hanyalah drama cinta anak sekolahan yang saling rebutan untuk debut duluan.


Dia adalah Jason yang diperankan Woo Young member 2PM.

Yang gini anak sekolahan? Masa? (source)

Jadi kalo ada pertanyaan, "Siapa cinta pertama Kpop yang main di drama Korea?" aku dengan lantang akan menjawab, "Jason!"


Sejak saat itu aku mulai menyukai dunia Kpop. Makasih, Wooyoung Oppa!:)))


Lagian, siapa yang bisa move on kalo dalam satu drama ada 3 cowok keren, lucu, ngegemesin dan memesona?


Maaah, kalo ada junior-junior kece gitu di sekolah, nggak apa deh gak lulus dulu demi bisa ketemu mereka lebih lama. Wakakakak *kali ini langsung diusir Mama* *naudzubillah...*

***

Geurae, rasanya udah cukup deh cerita sejarahku mulai suka drama Korea. Dan itu terlalu panjang ya hehe...


Jadi kenapa sih Wi suka drama Korea?


Menghibur.


Mungkin alasan pertamaku nonton Kdrama karena iseng. Ya, iseng-iseng doang yang akhirnya jadi ketagihan.


Tapi isengnya itu beralasan sih. Saat itu aku butuh hiburan karena stress kerja. Berhubung nyari tempat liburan lebih sulit (butuh uang dan waktu libur, tentunya izin orang tua juga), akhirnya pilihanku jatuhlah ke nonton drama.


Memanjakan mata.


Ya emang, sih, dulu aku bilang kalo semua cowok Korea sama aja. Mukanya mirip gitu-gitu semua. Tapi, itu sebelum aku tersihir pesona alien, si kapten dan anak-anak sekolah Kirin.


Ternyata, meskipun mereka imut-imut pas senyum, tapi mereka bisa juga terlihat keren dan ganteng loh. Kamu hanya akan bertemu kekerenan dan kegantengan mereka kalo nonton dramanya :p


Oh ya, satu lagi. Kalo lebih sering liat mereka, sebenernya muka mereka sama sekali nggak mirip tau, guys. Mungkin karena sama-sama sipit aja dan imut kalau lagi senyum kali ya^^


Ceritanya ringan dan santai.


Memang dasarnya drama Korea yang punya ciri khas genre romance, aku jadi bisa menikmati ceritanya yang ringan.


Hmm, ada juga sih cerita yang berat dan bikin mikir. Tapi menurutku nggak seberat film-film Hollywood yang nontonnya kadang bikin stress. Bukan kadang deng, tapi sering hahaha.


Eh, apa mungkin memang otakku yang lemot nangkep ya? *mikir*


Tapi prinsipku, kalo kita udah stress sama hidup, ngapain juga ditambah stress gara-gara film?

Jadi carilah film/drama yang santai dan menghibur:)))

Kelakuan Kim Ki Bum sableng! (Source)

Perpaduan adegan, ucapan dan sountrack yang daebak.


Mostly, di drama Korea, kamu akan sering menemukan ucapan dari tokoh-tokoh yang membekas. Ditambah adegan dan soundtrack yang pas juga.


Beuh, rasanya momen itu pecah banget!


Gimana ya, aku salut sama penulis naskah di Korea. Mereka bisa menyampaikan maksud dengan ucapan tokoh yang nggak to the point.


Misalnya, pengakuan cinta ala Yoo Si Jin.

Adegan kissing > memaksa pemeran cewek untuk mendengarkan > lalu ada interaksi.


Yoo Si Jin: "Haruskah aku mengakuinya atau meminta maaf?"


Kang Mo Yeon: "Meminta maaflah, aku akan mendengarkan."


Akhirnya Yoo Si Jin minta maaf atas adegan kissing itu sambil menunjukkan sorot mata terluka.


Gilaaa, itu naskahnya beneran keren. Tanpa menunjukkan pengakuan cinta dan penolakan secara langsung, tapi penonton bisa paham dan ikut terluka.


Tapi, kalian paham kan kalau maksud Yoo Si Jin itu nembak Kang Mo Yeon, dan maksud Kang Mo Yeon itu menolak Yoo Si Jin?


Sometimes I feel like "Itu Gue Banget"


Meskipun judulnya drama, tapi kadangkala ceritanya mirip sama kehidupan nyata. Itu sering jadi alasanku kenapa aku suka drama Korea.


Contohnya drama Drinking Solo. Di situ konfliknya ada beberapa. Setiap karakter punya konfliknya masing-masing dan kadang ada yang berhubungan juga. Di situ ada satu konflik yang rasanya "Itu Gue Banget".


Jadi pemain ceweknya stress sama kerjaan gitu. Dan setiap dia stress, dia butuh waktu minum sendirian.


Ya, itu mirip-mirip sama aku. Tiap aku lagi stress atau sedih, yang aku perlu emang waktu buat sendiri. Time to feel my sadness. Time to cry alone. And time to pray.

I'm so sad... (source)

Memang sih, kadang kehadiran sahabat atau orang lain juga perlu untuk menghibur. Tapi saat lagi sedih-sedihnya banget, yang aku perlukan emang waktu buat sendiri.


Bedanya aku nggak pake minuman-minuman alkohol ya :D


Ada lagi drama Reply 1988. Itu drama bercerita tentang kehidupan sehari-sehari dan semua konfliknya berhubungan sama kehidupan nyata. Tentang teman masa kecil, tentang pindah rumah, sosialisasi sama tetangga, bertengkar sama adek, cinta pertama, naksir-naksiran, dan masih banyak lagi. Ceritanya relates to me so well.


Jadi berasa pemain utamanya deh kalau gitu hehe...



***


Kalo diinget-inget lagi, sebenernya masih ada beberapa alasan kenapa aku suka drama Korea. But I think it's just enough. Beberapa alasan di atas udah cukup mewakili kenapa aku suka drama Korea.


Poin yang paling penting kenapa aku suka drama Korea sih... poin yang kedua hahaha *teteeeep nyarinya yang bening-bening*


Semakin banyak drama yang ditonton, semakin banyak bias yang diincar. -Dwi, pecinta drama Korea sejak 2016


Well, kalau kamu punya alasan sendiri nggak kenapa suka drama Korea?





With love,







You Might Also Like

10 komentar

  1. Alasan suka drama Korea..... apa yaaaa...??

    Alasannya udah disebutin semua sih sama Kak Dwi.
    Mungkin kalau mau nambahin, alasan suka drama Korea adalah karena gak suka nonton sinetron Indonesia... #eeehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHA, iya, itu alasan yang nggak aku sebutin di atas Fit :D

      Delete
  2. Saya sih, biasanya nonton drama korea karna ikut2an, heheh
    Atau klo nggak karna pemeran nya yg cantik.
    Atau karna drama koreanya memang sudah cukup terkenal. Sperti Descendats of the sun yg kamu review kemarin. Aku jadi tertarik mnonton nya semenjak baca tulisan kamu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kamu beneran nonton itu setelah baca tulisanku? Haha terima kasih.

      Aku juga memang nggak semua drama berkesan kok. Tapi ya nonton nonton aja buat menghibur dan melepas penat :D

      Delete
  3. omo omo kamu marathon dots tiga hari doang!! resmilah kau jadi penghuni kdramaland ya!!!

    kalo aku nonton drama pasti di awet-awet biar makin berasa penasarannya, paling mentok seminggu 4 episode lah hehe. btw cepetan nonton the legend of blue sea!!!!! ada jun ji hyun di situ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Khal, aku merasa terhormat nih jadi penghuni baru di Kdramaland:)))


      Aku nonton doang yang cepet, bapernya yang lama hahaha. Btw aku juga udah nonton itu, lagi ngikutin nih. Kocak abis Ji Hyun=))

      Delete
  4. Huaaa.. halo kak tika. Aku juga pengen cerita awal awal nontonin drama koreya. Huahaha.. dulu sempet nonton playful kiss tapi biasa aja.
    Terus ikutan nonton reply 1994 sama kakakku, nah disitulah aku menemukan korean crush-ku alias trash oppa. Huahahaha. Dari situ mulailah daku bergerak menonton drama demi drama sampai sekarang. hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nastiii, waduh, aku dipanggil Tika berasa ketemu temen masa kecil. Hahaha.

      Wah kayaknya kamu lebih duluan suka drama Koreyah dibanding aku ya, tontonnya dari zaman Playful Kiss dan R94 haha. Aku baru nonton R88, katanya 88 itu lebih keren dari seri Reply sebelumnya. Mana ada Park Bo Gum di situ😍

      Yang main di R94 siapa btw? Jadi sekarang kita sama-sama suka drama Koreyah deh ya hihi

      Delete
  5. Kebanyakan cwok katanya gak suka drama korea but gua suka banget sama drama korea karna jalan ceritanya yg asik dan eps nya yg bikin nagih terus

    Apalagi, nonton the legend of the blue sea, kelelep gk pengen kemana mana maunya nonton terus,

    Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  6. Kebanyakan cwok katanya gak suka drama korea but gua suka banget sama drama korea karna jalan ceritanya yg asik dan eps nya yg bikin nagih terus

    Apalagi, nonton the legend of the blue sea, kelelep gk pengen kemana mana maunya nonton terus,

    Wkwkwkwk

    ReplyDelete

Tell me what do you want to tell :)