Happy 3rd Anniversary, Blogger Energy!


"Rumah ini terlalu nyaman untuk ditinggalkan. Keluarga ini terlalu indah untuk sekadar dilepaskan."


Tiga tahun sudah rumah ini berdiri begitu kokoh. Banyak anggota keluarga yang keluar-masuk sesuka hati. Salah satunya aku sendiri. Memang beberapa bulan belakangan ini, aku sedang sibuk merantau. Merantau untuk diriku sendiri. Merantau untuk memperjuangan sesuatu yang memang harus kuperjuangnkan. Dalam hidup, kita pasti akan dipertemukan dengan dua pilihan sulit. Dan tentu saja kita harus memilih salah satunya sekaligus mengorbankan yang lainnya. Dan aku sudah memilih.


Aku memilih untuk merantau, meninggalkan rumah ini untuk sementara waktu. Aku memilih untuk segera menyelesaikan kewajibanku dan pulang sembari membawa kabar baik. Jika ditanya sedih, sudah pasti sedih. Dan saat ditanya rindu, tentu. Bagaimana aku tidak rindu pada keluarga yang selalu bisa membuatku tertawa? Bagaimana aku tidak rindu pada keluarga yang sudah memberikanku banyak ilmu dan pelajaran berharga?

Beberapa bulan ini, aku sempat mampir beberapa kali untuk ikut promo. Tapi saat blogwalking, aku berhutang hingga berminggu-minggu. Saat ada diskusi asik di grup, aku hanya bisa memantau dari jauh sambil berkata dalam hati, “Selesaikan dulu kewajibanmu. Baru kau boleh kembali.”. Karena anak rantau sendiri punya moto hidup, “Jangan pulang kalau belum sukses!”

Beberapa hari sebelum aku sidang, aku dapet message FB kalau sebentar lagi ulang tahun Blogger Energy. Dan aku baru menyadarinya. Ya ampun! Sesibuk itukah aku sampai lupa bahwa sebentar lagi, ulang tahun keluarga besar kami ini akan tiba? Maka aku semakin bertekad untuk belajar sungguh-sungguh. Aku tak lupa meminta doa pada mereka, keluargaku di grup WhatsApp dan mendapat respon positif. Mereka mendukung dan mendoakanku sepenuh hati. Dan hari itu pun tiba.

Hari di mana perjuanganku selama masa kuliah ditentukan oleh hari itu. Perjuangan belajar berminggu-minggu akhirnya membuahkan hasil. Hasil kerja keras dan doa orang-orang tersayang. Dan aku persembahkan kelulusan ini untuk semua orang tersayang. Salah satunya, Blogger Energy.

Persembahan buat Blogger Energy :)
***

Aku termasuk orang yang susah untuk memulai komunikasi dengan orang baru. Dan aku, termasuk orang yang susah bertahan di sebuah lingkungan kalo nggak nyaman. Di kampus pun, selama 2 tahun kemarin, aku masuk 2 UKM berbeda. Dan sekarang aku udah nggak aktif dua-duanya. Tapi di sini, di rumah ini, di Blogger Energy, ntah kenapa aku merasa sangat betah dan nyaman. Sibuk sama dunia nyata sedikit, langsung rindu pulang. Mungkin, kita punya kekuatan keluarga yang besar :D

Perjalanan 3 tahun buat sebuah komunitas bisa dibilang sangat susah. Apalagi, bertahan karena menyatukan ratusan pemikiran yang berbeda-beda. Banyak hal yang udah terjadi di sini. Dari mulai Gyerz yang datang dan pergi gitu aja, beberapa kota yang udah ngadain kopdar sesama gyerz, cinta lokasi antargyerz, perang dingin gara-gara hal sepele, beberapa gyerz ada yang di-kick karena nggak nyocok sama rules di sini, beberapa gyerz yang udah punya antologi bahkan buku sendiri, bahkan Blogger Energy sendiri udah punya buku “Asem Manis Cinta”. Selain itu, sekarang BE lagi berjuang buat nerbitin buku kedua. Kita juga udah sharing-sharing banyak hal, diskusi, ikutan Best Article tiap bulan, ngasih award kece tiap bulan, tiga orang ranger lagi istirahat dan ninggalin ranger biru sendirian, dipilihnya Tebe baru buat bantuin ranger biru yang semakin menua, makin hari ngerasa makin solid dan akrab sama gyerz, chatting sampe mabok di grup WhatsApp, kalo ada hal lucu dari satu orang, bisa ngerembet ke hal-hal lucu lainnya bikin ketawa sampe sakit perut, kalo ada diskusi di wall komentarnya bisa nyampe ratusan. Dimulai dari respon serius sampe nge-bully satu sama lain dan malah jadi bercanda, dan masiiih banyak lagi hal lain yang udah dilewatin bareng.

Memang, sih, aku nggak tau gimana perjuangan BE dulu. Aku baru bisa masuk sekitar tanggal 9 Februari 2014 lalu. Tapiii, sambutan dan respon mereka hangat banget sampe aku ngerasa kalo


Kita itu sebenernya keluarga lama yang akhirnya bisa dipertemukan lagi.


Nggak ada sekat pembatas antara gyerz baru dan lama karena mereka bener-bener welcome nerima gyerz baru. Ranger-nya nggak ngebedain mana gyerz baru dan gyerz lama dan itu bikin aku nggak ngerasa minder. Selain itu, ranger dan tebenya pada baik-baik, enak diajak diskusi, sharing, dan sering usil bikin ketawa. Itu yang bikin aku betah ada di rumah ini. Kalo buat gyerznya, semua karakter ada di sini deh. Dari yang iseng banget, iseng aja, sampe cuma iseng. Yang serius, becandaannya garing, gampang baper, lebay, dewasa, rentan galau, tukang modus, ah pokoknya semua ada di sini. Dan dari mereka aku belajar buat bisa membedakan berperilaku. Biar komunikasi baik tetap berjalan buat karakter gyerz masing-masing^^

Ke depannya, aku nggak bisa janji untuk selalu ada. Karena kamu tau sediri kan BE, perjalananku masih panjang. Aku masih harus merantau lebih jauh lagi. Aku masih harus berjuang lebih keras lagi. Aku masih harus berusaha buat jadi seorang akuntan yang sukses, penulis hebat, calon istri idaman, juga calon ibu yang luar biasa. Tapi biar gimanapun kamu harus tetap melangkah. Meskipun suatu hari aku merantau terlalu jauh dan terlalu lama, kamu masih punya gyerz lain yang ada untuk nemenin kamu. Aku janji nggak akan pergi, BE. Aku cuma merantau dan pasti akan pulang. *aduh, ini kalimat bikin baper banget*.

Ya udah, akhirnya aku mau ngucapin, selamat menua ya, Blogger Energy! Semoga kamu nggak berhenti di usia ketiga ini (9 Agustus 2015). Semoga makin banyak gyerz yang mau join bareng kita. Semoga ranger, tebe dan gyerz tetep setia sama kamu, meskipun mereka harus merantau dulu. Semoga impian untuk bisa kopdar nasional segera terkabul. Semoga gyerz-gyerz yang sibuk merantau, nggak lupa ke mana mereka harus pulang. Semoga kekeluargaan ini semakin erat. Semoga BE bisa melahirkan orang-orang sukses dan kreatif. Semoga karya kamu makin tahun makin nambah, ya. semoga power ranger bisa kembali lengkap dengan formasi 4 ranger kayak dulu. Ah, sebenernya terlalu banyak doa dan harapan yang aku panjatkan untuk kamu. Jadi cukup segini aja dan sisanya aku simpan dan rapalkan sendiri. Kamu cukup bertambah usia aja dan nikmati hari demi hari menuju tahun keempat, ya!

Happy Anniv, BE! Source


Menurutku, Blogger Energy itu seperti keluarga sejati. Aku nggak pernah nyesel ada di sini.



Btw, aku jadi kangen kopdaran.

Kopdar Gyerz Bandung pertama. Taman Hutan Raya, 1 Maret 2014
 
Kopdar Gyerz Bandung kedua. Foodmarket Yogya Pahlawan, 8 Juni 2015


"Tulisan ini diikutsertakan dalam  Best Article Blogger Energy."




 With love,

You Might Also Like

32 komentar

  1. Bagus juga tuh ya komunitasnya bisa mengeluarkan buku itu artinya produktif.

    Tak banyak yang seperti itu. Apa anggotanya juga ada dari blogger cowok?

    Kalau saya sendiri menerbitkan buku tanpa ramean hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup betul. Komunitas ini nggak cuma sekedar kumpul-kumpul, tapi juga menghasilkan karya. Proud!

      Di sini banyak kok cowok dan ceweknya. Lengkap.

      Sendiri enak sih, tapi rame-rame juga nggak kalah seru~

      Delete
  2. Udah lama denger blogger energy, tapi belum sempet gabung kesini :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Come here join with us. Dijamin nggak akan nyesel loh!

      Delete
  3. yeah.. keluarga ini sudah berusia 3 tahun. kalau gu.. baru di tahun ke tiga ini sih ikut join, tapi BE emang okeh banget. si mister edotz tak pernah lelah menciptakan blog walking yang nyata adanya. banyak yang masuk, banyak juga yang keluar. semoga BE bisa terus tahan yak.. AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener-bener strong tuh doi.

      Aamiin semoga langgeng terus BE-nya~

      Delete
  4. Yang namanya rumah, sejauh apapun kita pergi, suatu saat pasti balik juga. Apalagi rumah tersebut bisa bikin kita nyaman kayak Blogger Energy hehe

    Nggak nyangka ya kak rumah kita udah nyampe di angka 3. Padahal baru kemarin toh kita gabung, baru kemarin juga ngerayain ultah yg kedua. Semuanya memang berlalu dengan cepat.

    Merantaulah yg jauh kak, aku doakan semoga bisa menjadi orang sukses. Tapi jangan pernah lupakan rumah yg udah membesarkan namamu sebagai seorang blogger ini yaa kak hehe. Happy 3rd anniversary Blogger Energy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaman banget ya di siniiii :D

      Aamiin, kamu juga sukses terus sama passion-nya ya. Kalo merantau, jangan lupa pulang. BE selalu setia nunggu kepulanganmu.

      Delete
  5. Hati2 diperantauan ya mbak. Tetap semangat. Jangan lupa ngat aku juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap! Semangat juga buat kamu dan kembaranmu yap!

      Delete
  6. Wah gue yang komen pertama di tahun 2016. Tet te tettt...

    Gue beruntung bisa masuk ke suatu perkumpulan yang menurut gue udah gak keren, tapi melebihi keren! Amazing! Disini gue banyak mengenal orang orang baru yang ramah, baik, dan friendly begeteh. Dan sistem blogwalking dibalas blogwalking dari BE membuat gue mengerti arti saling menghargai satu sama lain dengan mengomentari postingan

    HIDUP BE!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeee selamaaat!

      Yup betul. Kerasa kan manfaatnya saling ngasih semangat lewat blogwalking?

      Delete
  7. Alhamdulillah dapet kesempatan gabung di BE, benefitnya banyak banget. Mulai dari solidnya BE sampai blog kebanjiran pengunjung. G nyesel gabung di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Kak, makanya kita harus saling menghargai sesame blogger. Ya seenggaknya dengan blogwalking yang niat :))

      Delete
  8. Ah mba dwi, bikin aku baper. wkwwk.
    Seriusan loh, mbak masih inget waktu BE ultah kemaren, lah gue, ini aja baru aktif ngeblog lagi setelah satu tahun vakum -_-

    btw, kita seangkatan nggak keamren mbak ? apa tuaan gue pas masuk BE ? ah, tuaan gue kayaknya cuma, yah itu, gue kebanyakan silent sih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baper mulu kayak cewek~ hahaha. Itu ngeblog atau ulang tahun? Kok cuma setahun sekali.

      Tuaan kau lah enak aja. Sebelum aku masuk, kamu udah jadi sesepuh di BE tau Wil haha. (((sesepuh)))

      Delete
  9. bakalan baper ini gyerz yang baca nya kak hehe. ternyata jarang muncul gara2 ada kesibukan ya kak. tapi sekarang akhirnya lulus *yuhuu

    semoga keluarga blogger energy bakalan lebih besar dan lebih akrab ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini postingan lama, sih. Semenjak ini jadi jarang ngeblog deh. Hiks...

      Aamiin.

      Delete
  10. Ane sebagai member baru bisa ngelihat jatuh bangunnya BE di post ini, kak :) Mulai dari rangerz biru yang ane add sampe sekarang belum diapprove :| Semoga ane bisa menjadi bagian yang menyemarakkan BE :D Menjadi keluarga yang utuh dengan BE.. Cuma satu yang ane penasaran dari awal join.. TeBe itu apa ya =.=" Teman Blogger Energy kah? O.o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup perjuangan BE untuk jadi sebesar ini tuh panjaaang banget. Susah, jatuh bangun, terseok-seok.

      Iya aktif aja di BE, jangan cuma jadi silent reader ya.

      Tebe itu singkatannya dari Team BE, mereka yang bantuin ranger untuk ngurusin BE.

      Delete
  11. Salut sama mba Dwi, biar katanya sibuk banget untuk menjalankan kewajiban dia tetap bisa membagi waktu, untuk BE lagi. Sebagai seorang Blogger, saya rasanya belum cukup afdol di sebut anggota 'BE', soalnya belum pernah kopdar-an. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebenernya ini udah kebilang payah, jarang ngeblog lagi huhu.

      Emang domisili di mana? Ajak aja sedaerahnya untuk kopdar~

      Delete
  12. Setuju deh, BE emang bikin betah banget dibanding dengan komintas blogger lainnya

    Btw itu kopdarnya ber 4 mulu ya, menang banyak tuh yang cowok wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Dijeh pernah dong ngerasain komunitas blogger lain?

      Iya niiihh haha. Habis pada susah ditemuin sih. Huh... Mau ikutan nggak? Gyerz Bandung seru-seru loh.

      Delete
  13. BE emang udah jadi tempat bahkan banyak yg menyebutnya Rumah untuk Blogger Personal. Gue, salah satu orang yang dibesarkan oleh BE. Entahlah, bagaimana nasib ngeblog gue, kalo gue gak pernah gabung BE.

    Dulu, di awal gabung pengen banget ikut KOPDAR. Tapi, setelah lumayan lama gabung, kesampaian KOPDAR juga, bahkan sudah ke 4 kali kopdarnya..

    Semoga nanti di Kopdar Nasional, gue bisa ketemu kalian. Temen2 di BE.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Om Her, aku juga dibesarkan di BE and I'm very proud of it!

      Serius? Ih ngiri deeeh, Bandung baru dua kali doing nih.

      Aamiin. Ayok dong kopdar nasional!

      Delete
  14. Aku gabung di BE baru tahun lalu, aku enggak nyangka banget ada komunitas kayak gini yang luar biasa banget menurutku. Setelah gabung disini aku jadi tambah semangat ngeblog. Buat mba dewi lebih semangat lagi ya. Kalo lagi penat ngurusi kerjaan ngeblog aja bareng BE.

    Aku juga ru pengin kopdar nasional. Pengin ketemu kalian-kalian. Semoga terealisasikan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak nyesel kan masuk BE? Hihi iya, di BE seru abisss! Tapi btw namaku Dwi, bukan Dewi :(

      Aamiin, semoga terlaksana deh kopdar nasionalnya~

      Delete
  15. Wih, masih inget ya kapan masuk BE. Kalau gak salah kita masuknya barengan gitu deh. Seangkatan lah bisa dibilang. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iyakah? Aku nggak ngeh sih. Lupa juga yang seangkatan sama aku siapa haha

      Delete
  16. Untuk yang kedua kalinya daku menulis komen.. hahaha. Intinya sih, setelah membaca ini saya semakin yakin bergabung dengan blog energy. Soalnya lingkungan yang positif memang harus dimiliki agar kitanya juga semakin berubah ke arah yang positif, nah bergabung dengan blogger energy itu ya contohnya. Saya berharap juga bisa kopdar nih sama member yang di Bandung. ayo atuuhhh.. hahaha. Makasih makasih makasih

    ReplyDelete
  17. Duh pengen nangis bacanya. *narik ingus*
    Walaupun baru sebulan gabung di BE tapi kekeluargaannya terasa banget. Salam kenal ya kak. Selamat juga udah wisuda. :3

    Etapi beneran kangen loh notif-notif dari BE yang banyak tiap buka pesbuk, notif diskusi yang bisa panjang banget sampe ratusan ribu rupiah. sekarang notifnya cuma promo doang. Tapi ya waktu dan kesibukan jua yang memisahkan kita.. digantikan orang-orang baru.

    ReplyDelete

Tell me what do you want to tell :)