8 Hal Keren dari Drama Descendants of The Sun

Dari dulu, aku selalu nggak suka nonton yang namanya drama. Kecuali, drama musikal yang ada di NET TV. Itu pun pas Tatjana masih main sih. Pas di season 2 rasanya ada yang nggak srek. Vigo rasanya kayak sendirian. Alasan aku nggak suka nonton drama ya sederhana aja, drama itu kepanjangan. Greget nggak sih bersambung di saat lagi rame-ramenya?!!! Tapi, semua itu perlahan-lahan mulai berubah.


Aku dulu sempet nonton drama Korea yang 49 days dan Boys Before Flower, zaman kapan ya udah lama banget. Dan baru aja beberapa minggu lalu, pas adekku lagi kena demam Korea, dia lagi asik-asiknya nonton drama My Love From The Star kalo nggak salah judulnya. Atau apalah itu. Nah iseng-iseng lah pas episode 17 aku ikutan nonton. Hmm, ternyata rame juga. Ya udah keterusan deh sampai kelar di episode 21. Apalagi katanya juga drama itu cukup hits.


Selang beberapa hari kemudian, adekku ngajakin buat nonton drama Descendants of The Sun (DOTS) yang saat itu udah kelar kalo di channel KBS, tapi masiiiih aja hits dibicarain di lingkungan kantor, di socmed juga. Bahkan adekku juga itu udah nonton, tapi ngajakin aku artinya dia kepengin nonton lagi. Waktu itu lagi menjelang akhir bulan, tutup buku, yang artinya aku nggak punya waktu buat nonton, apalagi drama yang panjang-panjang. Aku baru kesampean nonton ya pas agak-agak tenang gitu di akhir minggu pertama bulan Juni. Eh pas udah nonton, AKU JADI NYESEL KENAPA BARU NONTON SEKARANG SIIIHHH!!!

Gimana ya, duh, kesan nonton drama DOTS itu malah jadi ketagihan terusss. Aku langsung kepoin instagram, terus berita-berita ter-update para tokohnya, dan ya jadi kena sindrom demam Korea juga kaaan :((( aku yakin nih kalian juga pasti udah banyak yang tau, atau bahkan mungkin nonton drama ini. Dan sekarang aku bakal jelasin beberapa hal yang membuat drama ini jadi HITS BANGET dan KEREN BANGET! Check this out.


1. Pemain yang keren dan cocok

http://www.wowkeren.com

Tokoh utama dalam drama ini yaitu kapten Yoo Si Jin yang diperankan sama Song Joong-Ki, juga dokter Kang Mo Yeon yang diperankan sama Song Hye-Kyo. Capt. Yoo dan dr. Kang pertama kali ketemu waktu di RS tempat dr. Kang kerja. Jadi intinya sebelum ke RS, ada kecelakaan gitu yang melibatkan Yoo Si Jin dan sahabatnya, sersan Seo Dae Young. Awal-awal ketemu emang Kang Mo Yeon ini agak jutek sama Yoo Si Jin karena dia sibuk ngurusin pasien. Tapi toh akhirnya dr. Kang luluh jugaaa...



Pertemuan pertama dibuat dramatis. Keren:)))


Nah, menurutku sih karakter Yoo Si Jin ini keren juga diperankan sama Joong Ki. Nggak tau ya, dia tuh nggak cuma gerakan tubuh aja yang main, tapi ekspresi mukanya juga. Dia pinter banget memainkan ekspresi muka waktu lagi marah, lagi imut, lagi cemburu, lagi sedih, sampai ekspresi muka waktu lagi mabok.


Kabarnya, sebelum Song Joong Ki, ada 4 aktor yang udah menolak tawaran buat jadi Yoo Si Jin. Tokoh-tokoh itu ada Won Bin, Jo In Sung, Gong Yoo dan Kim Woo Bin. 

Mantan-calon-tokoh-Yoo Si Jin. Source: http://korea.iyaa.com

To be honest, aku sangat berterima kasih sekali karena mereka mau menolak peran Yoo Si Jin. Karena belum tentu aku bisa tau Song Joong Ki sih kalau doi nggak main di DOTS hehe...

Cool

Cute

Banyak sih yang bilang katanya Yoo Si Jin lebih klop dimainkan sama Won Bin atau yang lainnya. Tapi kalo menurutku, Song Joong Ki udah klop banget sama karakter Yoo Si Jin. Meskipun kalo doi lagi senyum emang keliatan baby face-nya. Dan peran Kang Mo Yeon juga udah klop banget dimainkan sama Song Hye Kyo. She's already 34 years old but she still looks soooo cute and pretty!


Untuk pemeran Letnan Yoon dan Sersan Seo Dae Young juga rasanya pas dimainkan sama Kim Ji Won dan Jin Goo. Padahal, Jin Goo ini udah beranak 2, tapi di drama itu tetep aja keliatan keren dan cocok main sama Kim Ji Won yang masih berumur sekitar 24 tahunan.


2. Chemistry antarpemainnya dapet banget

Mungkin ini juga nyambung sama poin nomor 1. Karena aktor dan aktrisnya dipilih dengan tepat, jadi chemistry antara mereka juga dapet banget. Sutradaranya pinter mengulang-ulang adegan saat akting mereka terlihat kurang natural. Ini aku tau dari episode spesial Behind The Scene-nya sih hehehe. Daaannn... mungkin emang iya ya, istilah "waktu yang akan menjawabnya" itu terbukti di drama ini. Mereka menghabiskan waktu syuting sekitar 258 hari atau 6 bulanan. Nah loh, gimana nggak akrab tuh 6 bulan bareng-bareng terus? Apalagi, Joong Ki sama Hye Kyo juga nggak cuma deket di lokasi syuting aja. Mereka suka juga komunikasi di luar kerja. Bahkan Hye Kyo-nya sendiri yang bilang kalo Joong Ki itu bisa banget ngasih semangat pas Hye Kyo lagi capek-capeknya syuting. Nah, kan, mungkin dari keakraban di luar itu yang bikin chemistry mereka jadi dapet banget. Salut!


3. Penulis skenario yang hebat

Kim Eun Sook adalah penulis skenario dari drama ini. Aku sih memang nggak begitu tau karya beliau. Selain nulis skenario DOTS ini, beliau juga penulis skenario dari drama The Heirs. Karena aku nggak nonton The Heirs, jadi aku nggak tau gimana prestasinya di drama itu haha. Tapi kalo untuk di drama DOTS, skenario yang diucapkan sama pemain-pemainnya tuh emang worth it. Skenario di adegan lucu, di adegan berantem pas perangnya, di adegan romantisnya, bahkan di adegan yang sedihnya. Rasanya semua yang diomongin sama pemain DOTS tuh emang penting-penting. Kalo ada yang dihilangin malah jadi kacau.


Kalimat yang paling aku inget itu, waktu Yoo Si Jin sama Kang Mo Yeon habis wine kissing, terus capt. Yoo nanya ke dr. Kang, "Apa aku harus mengungkapkan perasaanku atau harus meminta maaf?"


Lalu dr. Kang malah nyuruh capt. Yoo minta maaf.


Huaaa rasanya pengin mewek banget deh sedih. Itu penolakan kedua setelah sebelumnya ditolak juga pas mereka masih sama-sama di Seoul. Itu kan ceritanya pas udah sama-sama jadi relawan di Urk. Mungkin aku harus belajar biar jadi penulis skenario yang baik kayak Kim Eun Sook kali ya?


4. Soundtrack yang pas

Soundtrack dari drama ini ada sekitar 10 lagu. Semua lagunya aku suka! Setelah drama itu selesai ditonton, aku langsung minta semua soundtrack ke adekku yang udah punya lebih dulu. Dan begitu lagu-lagunya dimainkan, omoooooo aku jadi kangen sama DOTS lageeehhh :(((


Sebel nggak sih waktu kita kangen sama cerita dan tokoh yang bener-bener fiksi? Itu nggak nyata. Yoo Si Jin dan Kang Mo Yeon itu nggak ada. Cerita cinta Seo Dae Young dan Yoon Myeon Joo itu nggak nyata. Tapiiii nggak tau kenapa aku tetep kangen.


Ya udah, balik ke masalah soundtrack. Ada beberapa soundtrack yang aku favoritkan banget.

Pertama yang dinyanyikan K-Will judulnya Talk Love. Soundtrack ini diputer waktu pertama kali Si Jin dan Mo Yeon ketemu di RS. Lagu itu juga dimainkan pas Si Jin ngajak Mo Yeon ke pantai. Aaahhh sweet sekali! Pokoknya lagu-lagu itu diputer waktu lagi happy aja mood tokoh-tokohnya.

Kedua adalah lagu Always yang dinyanyikan sama Yoon Mi Rae. Ini lagu enak banget. Agak bikin galau-galau gimana... gitu. Pertama kali denger lagu ini waktu adegan Si Jin pergi di atap naik helikopter. Di situ Mo Yeon-nya cuma liat ke helikopter dengan nanar. Pandangannya itu ya ampunnnnn..... DAPET BANGET. Seakan dia ngerasain betapa sedihnya ditinggal gebetan secara tiba-tiba pergi ke suatu tempat yang bahkan dia sendiri nggak tau.



Nah, adegan lain yang keingetan waktu denger lagu ini adalah saat Mo Yeon ketemu lagi sama Si Jin di daerah pembangkit listrik yang baru aja kena gempa. Awalnya pas Si Jin turun dari helikopter, Si Jin maupun Mo Yeon cuma sama-sama nyari dari jauh doang. Nah, setelah adegan itu, pas Mo Yeon lagi jalan, tiba-tiba tali sepatunya lepas. Dia jongkok tuh buat benerin tali sepatu. Eh, Si Jin tiba-tiba dateng dari arah berlawanan dan ikut jongkok. Dengan gentle-nya dia yang taliin sepatunya Mo Yeon. Jreeeng... soundtrack-nya jalan deh.


Ada lagi lagunya Everytime yang dibawakan sama Chen (Exo) & Punch. Kalo adegan yang paling diinget dari soundtrack ini ya pas pertemuan pertama Mo Yeon sama Si Jin. Nggak pertama juga sih, udah beberapa kali berinteraksi. Tapi pas adegan itu mereka lagi akur soalnya Mo Yeon lagi ngobatin luka tembaknya Si Jin. Terus diputer deh soundtrack-nya.



Sebenernya agak susah juga sih kalo dibilang favorit. Habis semua soundtrack-nya aku suka. SUKA BANGET!


Nah, kalo dari sisi Seo Dae Young sama Myong Joon, soundtrack favoritku itu lagunya Davici yang This Love. Omoooo ini lagu bikin baper abis. Adegan yang paling diinget apa? Itu loh, pas Dae Young mau pulang dari Urk ke Korea terus ketemu Myong Joon yang baru turun dari helikopter. Jeng jreeennggg! Baper gila. Ah gak bisa menjelaskan deh gimana nyesnya adegan itu. Pilihan soundtrack This Love ini juga nggak tau kenapa pas banget rasanya.


Oh ya, satu lagi lagu favorit dari drama ini. Rekaman Mo Yeon pas mau jatuh dari tebing. Kalo kalian udah nonton ini pasti ngakak sama adegan "keputernya" rekaman itu. HAHAHAHA. Lagian Mo Yeon ada-ada aja sih. Lupa kalo dia udah bikin rekaman kayak gitu :D


Adegan ini juga dibarengi sama soundtrack-nya K-Will yang Talk Love ya... happy kan!


5. Fun teamwork

Kenapa aku tau fun teamwork? Karena aku nonton Behind The Scene dari drama ini. Dari BTS-nya aku bisa tau bahwa semua crue terlihat menyenangkan. Mereka kerja bukan cuma demi menghasilkan karya yang menghibur, tapi juga demi bersenang-senang. Ya, karena mereka kerja dengan bersenang-senang, mood mereka dalam berkarya itu bagus, makanya hasil dari usaha dan kerja keras itu keren banget. Ya, keren banget!

http://www.allkpop.com
http://www.instagram.com/kyo1122


Bahkan dari BTS-nya aku tau bahwa banyak adegan-adegan yang bisa diambil dalam sekali take. Nah, loh, keren nggak sih adegan bisa diambil dalam sekali take?


6. Kerja keras dari all crue

Nggak hanya teamwork yang menyenangkan, ternyata semua kru drama ini juga bekerja dengan keras dan sungguh-sungguh. Mereka bisa memosisikan saat harus serius atau bercanda. Selain terus bersenang-senang, mereka juga tetap harus bekerja keras. Karena hasil kerja keras itulah, mereka bisa melahirkan sebuah karya yang... keren banget, kan?

http://www.hancinema.net

7. Ceritanya antimainstream

Pertama tau drama ini, memang udah tau ceritanya tentang kisah cinta tentara dan seorang dokter. Hmm, udah kebayang sih gimana. Tapi setelah diinget-inget lagi, cerita ini kayaknya cukup jarang di kalangan drama-drama Korea yang udah-udah. Soalnya ya, seingetku, genre yang udah-udah memang kebanyakan tentang romance. Tapi konflik lainnya kebanyakan tentang perusahaan, reporter, dunia keartisan, atau apa gitu yang lebih ringan. Sementara ini kan tentang tentara. Ada laganya juga, berantemnya juga, cerita Korea Utara dengan Selatannya juga, dan, selain dari cerita-cerita serius itu, ada juga istilah kedokterannya, dan komedinya. Bahkan, konfliknya pun sederhana. Hanya masalah selisih profesi tentara dan dokter. Tapi, dari selisih itu, mereka juga bisa saling menyelamatkan. Ah, kalo boleh dibilang, ini drama emang paket lengkap banget tau nggaaakkkk!!! Kisah yang antimainstream emang biasanya lebih populer ya.

http://www.sidomi.com

Maaf agak ngeblur :D

8. Niat banget

Dari sebuah berita aku dapat informasi kalo budget yang dianggarkan untuk drama DOTS ini sebesar Rp8,7 milyar. Wow, untuk ukuran drama mini seri, budget segitu udah terbilang cukup fantastis, loh. Soalnya rata-rata drama lain hanya menghabiskan sekitar Rp3 milyar. Tapi ternyata, setelah proses syuting, anggaran budget itu jauh dari pelaksaan. Dilansir dari beberapa berita juga, ternyata setelah selesai syuting, mereka menghabiskan dana sekitar Rp140 milyar. Whaaattt??? Itu berapa kalinya anggaran dana awal kali ya. Pantes aja acaranya sukses abis ya karena itu. Mereka nggak segan-segan mengeluarkan budget banyak demi menghasilkan sebuah karya yang luar biasa. Selain itu, lokasi syutingnya pun nggak hanya di Korea aja. Tapi mereka terbang ke Yunani sekitar satu bulan. Memang, sih, di drama lain juga mungkin ada yang syuting sampai ke luar negeri. Tapi di drama ini, rasanya semua lokasi syuting terlihat keren dan menakjubkan, ya! Apalagi pantainya. Omooooo aku mau dong ke sana sama Joong Ki :)))
Veryyyyy beautiful! From Kyo's IG

Ketika kita mau dapet sesuatu yang lebih, maka kita jangan segan untuk memberi yang lebih.

Nah, dari semua poin di atas, kita bisa belajar bahwa untuk menghasilkan sebuah karya yang bagus, kita juga harus berusaha dengan sungguh-sungguh. Nggak takut buat berinvestasi banyak hal. Misal investasi waktu, investasi dana, atau pun investasi tenaga. Toh setiap usaha itu nggak akan pernah mengkhianati hasil kok. Ya, kan?


Oh ya, kalau kamu penasaran sama apa yang mereka omongin, tonton aja dramanya ya!



Kalo menurut kamu, hal apa yang bikin Descendants of The Sun terlihat keren?



Nb sumber berita:

http://korea.iyaa.com/article/2016/04/daftar-aktor-top-yang-menolak-tawaran-peran-yoo-si-jin-kejutkan-netizen-3439874.html

http://celebrity.okezone.com/read/2016/03/07/206/1329376/biaya-fantastis-pembuatan-descendants-of-the-sun-terungkap



With love,

You Might Also Like

30 komentar

  1. Aku belum sempet nonton drama yang lagi hapening banget ini, mahasiswa semester akhir mbak wi biasa sok sibuk hehe. jadi penulis skenarionya yang nyekeenarioin the heirs. pantessan, the heirs aja kece abis. jadi pengen cepet2 nonton. syukur deh kalo episodenya udah abis, paling males kalo nonton drama yang di koreanya lagi main, nunggu episode selanjutnya tayang bikin senewen euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah sayang banget masa belum nonton siiihhh. Ayo tonton, beneran deh seru banget nggak akan nyesel:))) btw, The Heirs rame ya?

      Nah itu banget. Aku lagi nonton Doctors tapi lama nunggunya karena belum selesai haha

      Delete
    2. Aku enggak kuat mbak sama yang nunggu nunggu gitu whahaha. Nanti deh meluangkan waktu dulu (dih apa ini!) sambil nunggu mood menonton datang

      Delete
    3. Lah dia malah curhat hahaha. Iya tonton aja, nggak nyesel deh!

      Delete
  2. Drama korea, aku cowok gak mau nonton dan gak akan nonton ._.
    Jujur, teman-teman cewek dikelasku kalau aku dan beberapa cowok ikutan ngobrol sama mereka dan tiba2 mereka ngebahas korea. Aku kaya orang bego yang gak tau apa-apa. Tapi, kita balikin ke mereka dengan kebahas game ataupun blog dan merekalah yang kaya orang bego. Hahahahhahaha

    Kalau genrenya ke horror atau mystery mungkin aku masih mau nonton juga. Giliran aku tanya saran nama file ke maniaknya korea, dikasih yang romance -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gak full romance kok, temen-temen cowok aja banyak nonton ini karena ada sesi laganya. Keren tau!

      Hahaha drama korea kebanyakan emang romance karena itu kelebihannya korea. kayak hollywood yang kelebihannya action. Gitu, kan?

      Delete
  3. Ini drama hitz banget ya ampun, hampir dimana aja nemu ga didunia maya sama di sosmed semua ngomongin ini, tapi ga tertarik mau nonton, tapi penasaran sama soo jong ki yang katanya keren itu, aku dilema~

    Mending nonton drama korea sih, ceritanya lebih jelas dan ga bertele-tele.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha nonton aja, nggak nyesel kok sama suguhan Song Joong Ki-nya :D

      Yap, konfliknya jelas kalo dibanding sinetron Indonesia hehe

      Delete
  4. Descendants of The Sun ini adalah film paling ngehitz banget di kalangan temen cewek gue. Serius, sekalipun gue belum pernah nonton. Tapi, gara2 temen cewek waktu kuliah dulu pada bahas ini mulu, jadi sikit banyaknya gue tau tentang film ini.

    Gue gak suka dari filmnya adalah Romancenya. Ya, terlepas dari selera, sih. Banyak yang bilang bagus. Tapi, karena gue gak suka genre seperti ini, jadinya gue cuman sekedar aja. Ternyata banyak juga ya, yang keren dari film ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cieeee tau apa contohnya Om?

      Film ini nggak hanya menghadirkan romance Om. Ada laga, berantemnya dan politiknya gitu. Kadang sih part itunya aku skip aja mending liatin Song Joong Kinya haha

      Delete
  5. ini drama korea booming banget. sayangnya gue gak suka nonton drama korea, bahkan nganggep orang yg terlalu addict sama drakor itu... aneh banget. *ditimpukin gelas sama fans drakor*

    tapi kata temen2 cewek gue film ini emang bagus banget, tapi bujukan mereka tidak akan mempengaruhi pendirianku! *apa ini*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak addict banget sih Bang, tapi suka aja ketimbang sinetron:(

      Keren banget emang Bang. Jarang loh drama korea yang menyuguhkan romance di tengah-tengah laga. Nyesel looohhh

      Delete
  6. huahahahha lama tak mampir kesini wi...


    DOTS ini bikin baper lah, soalnya keinget sama mantan yang perawat nikahnya sama angkatan ... mirip2 DOTS ini sih, mangkanya saya rada males nonton ini drama korea... huahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bang Latif. Lama nggak liat kamu juga haha.

      Aigooo aku kira bikin baper karena kamu nonton dramanya. Taunya malah keingetan mantan. Ada-ada sih Bang Latif mah

      Delete
  7. untung wi kamu nontonnya pas udah tamat dan lengkap, jadi galaunya g kebangetan, paling baper-baper biasa, :D
    kalau saya, ngikutin drama ini pas tayang juga di korea sono, tiap rabu dan kamis malam, kayak orang gila nungguin update an episode terbaru, ampe begadang2 g jelas. terus kalau udah selesai tayang, seneng tapi abis itu galau g karuan harus nunggu episode selanjutnya pas minggu depannya lagi :(

    dari semua yg kamu jelaskan setuju wi, cuman sebagai penggemar drama korea, cerita yg dihadirkan sama DOTS ini agak kurang greget, konfliknya minim, soalnya genre yang diusung bukan roncom tapi termasuk melodrama. mungkin buat orang2 yg sebelumnya g ngikutin drakor, cerita DOTS enak buat ditonton dan cocok sama selera orang kebanyakan. cuman g menampik, efek DOTS bener2 meluas ke seluruh dunia. bahkan yg g tau korea jadi ngikutin drakor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius Kak? Bahahaha niat amaattt. Aku sih lagian baru suka drakor sekarang-sekarang, jadi drama ini udah full episode siap ditonton.

      Kalo dari sisi romance-nya ya emang konfliknya sederhana sih Kak. Hanya masalah beda profesi dan restu ya. Mungkin karena nggak berfokus di konflik romance-nya aja. Tapi emang bener. Efeknya gila banget ini drama. Ngefek banget sama aktor dan aktrisnya haha

      Delete
  8. Jadi pengen nonton, makasih review nya kak. (:

    ReplyDelete
  9. wah, kayaknya belom bisa move on dari alur ceritanya ya, hehehe. gue belom pernah nonton drama korea ini sih, jadi gatau hal yang keren di drama korea DOTS ini apa aja, tapi kalo ngeliat budgetnya yang sampe ngabisin duit 140 milyar, pastinya ga main-main kecenya.

    drakor DOTS ini emang booming banget, gue nemu banyak memenya di instagram, beberapa temen gue yang cewek rata-rata udah pada nonton semua, tapi gue ga begitu tertarik sama drakor, takut dibikin baper muehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa habis drama ini paket lengkap banget gimana dong:( aku juga shock liat budgetnya habis segitu haha. Emang niat banget.

      Emang cowok nggak pengin ngerasain baper ya? :|

      Delete
  10. Nama pemerannya gak bisa diganti Indonesia dulu biar gak keder bacanya Wi -_=

    Setau gue drama korea emang syahdu2, tapi gue gak terlalu suka nonton sih.. Apalagi yang ini, gue gak tau sama sekali hahaha
    Maklum sih ya pergaulan gue sekarang banyak sama emak2 dan bapak2 ...

    Btw, nggak ada info alasan mereka yang sebelumnya nolak jadi pemeran siapa itu namanya? Yah sebut saja Joko biar gampang.. Alasannnya apa tuh pada nggak mau jadi Joko?

    Terus itu duit pembuatan drama ini bisa ampe ratusan milyar, walopun sukses balik modal kan ya? Banyak banget soalnya tuh duit segitu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu gampang kali Bang nyebutnyaaaaa~ hahaha iya udah mah muka tua, tambahlah terlihat tua dengan teman-teman sepergaulan ya Bang *eh

      Alasannya sih menurut berita karena aktornya ragu gitu Bang sama drama ini soalnya masuk praproduksi, syuting sebelum acaranya dimulai. Tapi mungkin Dewi Fortuna lebih berpihak sama Joong Ki nih :D

      Pastinyaaaa sukses banget gitu acaranya juga. Itu bisa dipake ke haji, beli rumah dan aset lainnya ya Bang haha

      Delete
  11. Menurut gue drama ini 'menang' banget, udah penjualan mahal per-episode, juga menduduki rating tertinggi terus tiap episode nya.. Menurut kabar juga sih kalo ini drama ending aslinya kap.seo do youg meninggal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang menang banget. Keren banget.

      Yup, tapi banyak yang nggak setuju sad ending, makanya dibuat happy ending. Puas deh nontonnya :))

      Delete
  12. Baru aj kmarin mnta srial epsde nya sma spupu, eh trnyata dtulis jga sma dwi. Haha.

    Smpe skarang blum smpat nnton sih, cuma pas abis baca tulisam dwi jadi tmbah pnasaran, apalagi serial ini ckup ngeHits di instgram kmarin.

    Oo, trnyata pran cwoknya smpat dtolak bbrapa aktor korea yg mau mranin ya? Rejekinya song jong ki nih. Hahahh. Gokil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini wajib banget ditonton, nggak akan nyesel deh!

      Betul, drama ini udah ditolak 4 aktor dan meledaklah setelah diterima sama Song Joong Ki~

      Delete
  13. Ini film sepertinya paling hitz ya, tapi gue tak tahu.. Baca disini setidaknya sedikit ngerti. hehe

    Btw salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah sayang banget nggak nonton dramanya. Ini keren banget padahal...

      Delete
  14. Dots harus aku nobatkan sebagai drama ter-baper tahun ini :))

    Beruntunglah dirimu karena nonton secara marathon, kebayang gak gimana sengsaranya aku yang waktu itu harus nonton 2 eps aja setiap minggunya hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama Teh Erryyyyyyy!

      Haha, iya Teh, aku ngebayanginnya juga stress duluan. Seminggu cuma dua kali, hati ketar ketir gak karuan. Aku beruntungnya seepisode langsung tamat dua hari sampe begadang-begadang pulang kerja juga. Demi DOTS nih :)))

      Delete

Tell me what do you want to tell :)