Kenalan Sama Toples Write, Yuk!

Di postingan kali ini, aku bakal ngomongin blog seseorang. Eits, tenang aja. Ini bukan ngegosip kok, ini ngefakta. Soalnya sebelum postingan ini jadi, aku udah riset berbulan-bulan, juga udah ber"kenalan" sama pemiliknya demi menghasilkan tulisan yang bermanfaat untuk sejuta umat.
 
Tapi bohong deng. Aku nggak seniat itu juga.
 
Blog yang bakal aku omongin di sini adalah blognya Kapik, atau biasa dikenal sama panggilan Tofik atau Topik--padahal dia ngarep dipanggil Sayang. Nama blognya adalah Toples Write. Jadi sebelum ngebahas tentang blognya, kita mesti kenalan dulu dong sama pemiliknya. Yuk ah capcus~
 
***


Beliau (((beliau))) bernama lengkap Tofik Dwi Pandu, anak kedua dari--gak tau berapa--bersaudara. Beliau calon S.Pd, guru Bahasa Inggris, yang lagi berjuang keras melawan sulitnya skripsi. Tinggalnya di Cirebon--kalo ada Gyerz di sana ajak-ajaklah beliau buat kopdar. Kasian, nggak punya temen.

Pas aku tanya tentang hobi, jawabannya serius kok. Katanya ngegambar di laptop, nulis di laptop, termasuk pacaran sama laptop juga. Entah karena beliau LDR, entah karena nggak punya pacar.
 
Terus aku sempet tanya juga kan ya, cita-citanya apa. Tau nggak jawabannya apa?
 
Beliau menjawab, "Cita-citaku pengen jadi bapak dari anak-anakku kelak, Wi. Halah..."
 
*Hening*
 
***
 
Toples Write beralamatkan di www.topleswrite.com. Dulu namanya sempet www.tofiktoples.blogspot.com. Nah, kalo ada yang bertanya-tanya kenapa namanya Toples Write, sini aku bantu jelaskan. Kalo gak ada yang nanya juga, gak papalah baca aja ya.
 
Dulu banget, dia sempet pakai nama Fiki Write untuk blognya. Nama itu tiba-tiba muncul di kepalanya. Kayak mantan yang tiba-tiba datang gitu loh... Tring! Tapi dia jadi stress. Bukan karena gak punya pacar, tapi karena masih nggak srek sama blognya itu. Finally ketemulah nama yang cocok. TOPLES WRITE.
 
Oh ya, sekarang aku ganti aja manggilnya gak pake beliau deh. Kesannya dia tua banget ya, meskipun memang udah tua sih.


 
Kenapa coba harus Toples Write?
 
Alasan pertama adalah identitas. Katanya sih dia pengin dikenal dengan cara yang berbeda. Soalnya kebanyakan kalau blognya pake nama sendiri, susah dikenalnya. Alasan kedua katanya sih biar gampang dicari di google. Cuma kasian aja ketika nanti ada ibu-ibu cari toples di google tapi yang keluar malah situsnya doi.
 
Alasan ketiga yaitu karena Toples adalah nama panggilannya Kapik waktu zaman SD. Jadi di lingkup temen-temennya harus punya nama julukan untuk anak nakal, dan dia adalah salah satunya. Untuk alasan temen-temennya kenapa manggil nama Toples, dia sendiri nggak tau . Ketika temen-temennya manggil "Top... Top... Toples." Dia dengan begonya mau aja nengok. Ternyata Kapik dari kecil udah agak-agak..., ya.
 
Nah, untuk alasan terakhir ini lebih--agak--menyentuh, sih. Sama seperti arti toples adalah tempat untuk menyimpan sesuatu. Nah, Toples Write juga adalah tempat untuk menyimpan tulisan-tulisannya Kapik.

Kenapa nggak pakai nama "Catatan", "Digital Diary", atau "Notes"?

Balik lagi ke alasan pertama. Dia pengin dikenal dengan cara yang beda. Jadi Kapik ambil jalur lain untuk bisa dikenal orang. Ya salut lah sama pemilihan namanya...
 
***
 
Blog ini pertama kali berisi tulisan berjudul "Pengaruh Musik" di Bulan November 2012. Gila... pertama ngeblog dia udah serius banget ya. Blog aja yang mati bisa diseriusin. Apalagi kalau kamu jadi ceweknya dia. Pasti bisa banget diseriusin deh. Kapik, aku udah bantuin kamu cariin jodoh di sini loh ya. Awas kalo aku nggak menang. Hahaha... *ketawa jahat*

Perihal genre yang diusung di blognya, cowok ini memilih genre motivasi-komedi. Jadi dia pengin nulis sesuatu yang bisa memotivasi dirinya sendiri (syukur-syukur orang lain). Lalu, isinya di-mix lah dengan gaya komedi dia yang kadang absurd dan nyeleneh. Tapi kalo dipikir-pikir sih, emang. Setiap postingannya selalu bikin aku mikir, "Oh iya, bener juga ya." Tapi di sela-sela itu juga aku bisa ketawa-ketawa bacanya. Ketawa garing.

Dari ratusan postingannya Kapik, ada satu postingan yang aku suka banget. Judulnya Catch Your Dream. Di postingan itu, dia nge-share pengetahuan dia tentang meraih mimpi, yang dinamakan Visual Wallpaper. Jadi di situ kita bikin sebuah wallpaper berisi mimpi kita, beserta tanggal, bulan dan tahun kita mau meraihnya. Misal mau punya mobil, dia tulis tanggal 3 November 2019. Itu memang secara nggak langsung menyugestikan alam bawah sadar kita untuk bisa meraihnya. Dan, aku juga dapet pengetahuan gini dari Bang Arip Poconggg. So, mau coba guys?

Nah lanjut kita bahas blognya. Setelah menjalani waktu tumbuh 4 tahun, Toples Write udah mengalami banyak sekali hal. Dari yang awalnya diisi curhat-curhatan, sekarang mulai dikurangi. Karena ya itu tadi, Kapik lebih pengin bikin tulisan yang bermanfaat--tentunya dengan gaya komedi. Dari yang awalnya cuma kepengin nulis, akhirnya bisa juga dapet tambahan uang. Entah karena dapet job review, atau juga karena ikutan lomba. Baru-baru kemarin nih, Kapik berhasil menang handphone sama modem. Ada dapet tas pula. Hebat, ya!

Ada salah satu pencapaian terbesar cowok kelahiran Banten, 3 November 1993 ini selama jadi blogger. Yaitu menjadi admin Blogger Energy. Dan... dia jadi Tebe terfavorit di tahun 2014 lalu. Doi udah jadi Tebe lama sekali, sejak power ranger BE masih formasi 4. Dia dipercaya buat bantu-bantu ngisi postingan di blog BE. Jadi, kalau kalian nemu tulisan yang rada absurd, sense humornya standar, tapi nyeleneh, itu pasti tulisannya Kapik. Selain itu, dia juga udah dapet banyak award loh. Dari mulai Creative Male Award edisi November 2013 sampai yang terakhir juara pertama giveaway anniversary kedua, blog Tulisan Wortel. Wiiihhh... *kasih applause dengan tulus*

Sekarang aku mau membahas tentang tampilan blognya. Blog Toples Write didominasi sama warna merah. Dari mulai header sampai latar blognya berwarna merah hot. Merah yang jreng itu loh... Sedangkan untuk latar judul sidebar-nya warna kuning. Font-nya normal, mudah dibaca, warnanya jelas. Tapi yang aku sayangkan, ukuran tulisan pada judul blog terlalu kecil. Harusnya kan judul ya, seenggaknya agak besar lah. Secara kan judul itu jadi fokus pertama pembaca. Tulisannya juga makin sini makin lebih rapi dan enak dibaca. Dulu, aku sering banget menemukan typo di tulisan Kapik. Sekarang kayaknya udah berkurang. Makin enak juga dibacanya.


Ya, udahan ah nulis tentang Toples Write-nya. Aku takut blogku kebawa aura-aura absurd dari Kapik. Tulisan ini sih sebenernya lagi diikutkan lomba giveaway Toples Write gitu. Kapik lagi baik nih, mau bagi-bagi buku bekas gratis!

 
 photo banner2_zpsngg8l2z7.jpg


Oh ya btw, kalau habis aku posting ini Kapik beneran dapet pacar, nggak ada alasan buat nggak ngasih buku bekasnya banyak-banyak  ke aku ya. Bye!
 
 
 

With love,

You Might Also Like

30 komentar

  1. Hahaha.. Kapik ya nama sayangnya? Eh aku sempet mikir kenapa nama blognya toples? Jangan2 dia suka banget sama foto model cowok yg g pake baju gitu, toples kan ya? :p

    Btw kamu gih yg nemenin kesendirian kapik, kasian noh udah menahun akut kesendiriannya ama laptop tercintah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu panggilan semacam "Bro" gitu Kapit haha. Hah? Ngg.. maaf Kakak, aku masih polos. Gak tau apa itu cowok yang gak pake baju *tutup mata*

      Akunya gak mau :(

      Delete
  2. Wah, mba Dwi ikutan juga. Keren.

    Dari sisi saya sendiri, Toples Write adalah blog yang unik dan fresh. Dari segi tulisan, maupun ilustrasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa disuruh sama yang punya blog katanya buruan. Gitu...

      Bener, ilustrasi yang dia bikin teope begete deh :D

      Delete
  3. Wahahaha sama gue juga nih ikutan giveawaynya topik

    ReplyDelete
  4. Wah, lagi ikutan Giveaway topleswrite. Gimana ya, cuman bisa ngucapin moga menang gitu aja. Gue kira asal toples itu dari nama tofik, emang bener gak sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Menurut hasil analisis berbulan-bulan sih bukan. Itu nama bandelnya dia aja, bukan dari Tofiknya.

      Delete
  5. Ikutan giveaway ya?? semoga menang deh,,

    gue baru beberapa bulan ini tau blognya mas topik. Wihh ada oesan setiap postingan namun di balut dengan keabsurdan.. haha

    ReplyDelete
  6. Gue juga ikutan, Kak. Berarti kita saingan! HAHAHAHA.

    Tapi kayaknya, lebih lengkap yang Kakak tulis, daripada yang gue tulis. Disini lengkap banget. Hahaha, jadi minder.

    Semoga menang lah ya, Kak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku baru komentar postingan kamu tentang blog Kapik hahaha. Nope nope, ini sih buat seru-seruan aja ya Di. Aamiin.

      Delete
  7. Wah ikutan GAnya juga ya, semoga sukses :)

    Reviewnya keren nih, mencakup semua yang ada di blognya bang Topik. Aku awalnya juga bingung kenapa namanya toples tapi ada yang pernah cerita kalau waktu bang Topik dilahirin bukan bang Topiknya yang dipegang duluan tapi toples. Gak tau ini bener apa nggak ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Rizki.

      Hahaha masa sih? Duh kalo itu nggak tau aku ya, di blognya dia aku nggak nemu.

      Delete
  8. Hahahh, klo ibu2 biasanya cari toples wadah, klo di goggle.toples biasa lain artinya, coba.aj ktik sndiri. Huehehe

    Oiya, buku bkas.yg dibagiin apa2 aja wi? Sya jdi trtarik.

    Smoga mnang ya wi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh telat bales ya, GA-nya udah ditutup nih sori sori. Bukunya lumayan bagus-bagus.

      Delete
  9. Oh jadi itu asal usul pake nama toples yah.. Hehe sepertinya alasan yang ketiga itu menjadi alasan pertama, karena nama blog kn itu umumnya sesuai dengan pemiliknya. Meski di atas berdalih ingin terlihat beda, tp tetap saja kan itu dlu nya nama panggilan :D
    Hehe #piss fik :3

    Oh ini GA dr tofik yah dwi, hihi semoga akang tofik memenangkan dirimu. Kn udh di promosiin gt biar dpt pacar, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa jadi juga sih.

      Itu sih antara dimenangin atau dihajar karena promoin jomlo sembarangan hahaha.

      Delete
  10. Gue followers blognya topik juga nih. Semangat ngeGAnya ya. Semoga menang :D

    ReplyDelete
  11. Wah aku sayang toples deh pokoknya .... :*

    ReplyDelete
  12. hasik, bro tofik jadi makin populer yak belakangan ini banyak yang review blognya. si penggemar raisa garis keras itu memang cukup gaul denga ideologi toplesnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya habis dia ngadain GA sih makanya aku review hahaha.

      Delete
  13. Wkwkwkwkw banyaak blogger hebat yak :D hehehe

    Uniiiik nama blognya topleswrite.com. Dulu aku waktu mau bikin blog gitu nyari-nyari identitas yang pas nggak ada, akhirnya make nama doang :D wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nyari identitas dan bikin personal branding emang susah sih. Tapi kalo udah ketemu yang klop pasti seneng banget :D

      Delete
  14. gue ngak tau apa yang terjadi sama bang topik itu, saking gak lakunya sampai orang tanya cita-cita eehh malah dijawab begituan. kampreet banget kan.

    terlepas dari masalah kejombloan bang topik, emang toples write emang blog nyeleneh n brani. terlihatd dari pemilihan warna yang merah menyalah, terus header yang gambar bang topik yg mimpi sama raisa yang terlihat dipaksa banget itu.

    tapi dari semua keberanian dan kenyelenehan itu akhirnya bang topik bisa dikenal dengan toplesnya. semoga toplesnya laku yaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak papa, narasumber bebas deh mau jawab apa haha.

      Nggak ngerti banget sih aku sama headernya dia. Itu bikin dia semakin terlihat mengenaskan. Iya nggak sih?:(

      Sukses Kak Topik!!

      Delete

Tell me what do you want to tell :)